11 Aplikasi Telemedicine yang Menyediakan Obat Gratis Bagi Pasien Covid-19 Isoman

Meningkatnya kasus Covid-19 membuat tempat isolasi mandiri tidak bisa lagi menampung pasien. Untuk itulah banyak yang melakukan isolasi mandiri (isoman). Sayangnya selama isoman mereka tidak mendapatkan obat yang bisa mempercepat penyembuhan.

Mengetahui hal ini Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam siaran persnya secara virtual pada Senin (5/7/2021) akan memberikan obat Covid-19 gratis bagi pasien OTG dan bergejala ringan yang tengah melakukan Isoman.Obat-obat tersebut bisa didapat melalui Aplikasi telemedicine.

” Aplikasi telemedicine merupakan layanan telekomunikasi untuk pemberian obat medis gratis jarak jauh bagi pasien isolasi mandiri Covid-19.Dalam mewujudkan program telemedicine, pemerintah telah bekerjasama dengan 11 platform digital layanan telemedicine di Indonesia. Layanan telemedicine ini memungkinkan pasien isolasi mandiri untuk melakukan konsultasi hingga pengiriman obat secara gratis,” tegas Menkes Budi Gunadi Sadikin.

Adapun aplikasi yang dimaksud adalah:
1.Alodokter
Beroperasi sejak tahun 2014 membuat aplikasi alodokter yang memiliki lebih dari 30 ribu dokter dipercaya Kemenkes sebagai salah satu aplikasi Telemedicine yang menyediakan obat gratis bagi pasien Isoman baik OTG maupun yang bergejala ringan. Untuk mendapatkannya Anda harus mengklik link https://bit.ly/alodokter-isoman.

2.GetWell
Aplikasi yang satu ini paling banyak disukai dikarenakan pasien bisa berkonsultasi baik menggunakan video,audio, hingga teks. Kecanggihan inilah yang membuat GetWell dipercaya sebagai salah satu aplikasi telemedicine yang memberikan obat gratis bagi pasien Covid-19 yang tengah melakukan Isoman. Untuk mendapatkan obat tersebut, Anda harus mendownloadnya di https://play.google.com/store/apps/details?id=id.paquesid.getwell.

3.Good Doctor
Selama 24 jam penuh pasien bisa melakukan konsultasi melalui aplikasi Good Doctor. Inilah yang membuat Kemenkes mau bekerja sama dengan Good Doctor sebagai salah satu aplikasi telemedicine yang menyediakan obat gratis bagi pasien Covid-19 yang tengah menjalani Isoman. Guna mendapatkan aplikasi ini, Anda harus mendownloadnya melalui https://gooddoctor.onelink.me/Cmiw/efeba7ae.

4.HaloDoc
Salah satu aplikasi kesehatan yang dipercaya oleh ribuan masyarakat Indonesia ini dipercaya Kemenkes sebagai aplikasi telemedicine yang menyediakan obat gratis bagi pasien Covid-19 yang tengah Isoman. Hadirnya HaloDoc sebagai aplikasi telemedicine membuat masyarakat DKI Jakarta menjadi senang, pasalnya banyak yang menggunakan aplikasi tersebut. Nah bagi yang belum menjadi member HaloDoc bisa mendownloadnya di Bit.ly/isoman_halodoc

5.KlikDokter
KlikDokter merupakan salah satu aplikasi telemedicine yang terbilang lengkap karena memiliki fitur live chat dengan dokter selama 24 jam dalam aplikasi ini. Klik Dokter juga menyediakan sejumlah artikel kesehatan dan info lain terkait pelayanan medis. Guna mendapatkan aplikasi ini Anda bisa mendownloadnya di https://bit.ly/kd-kemenkes-isoman.

6.KlinikGo
Layaknya sebuah klinik, aplikasi KlinikGo memiliki fitur yang sangat lengkap mulai dari dokter umum,dokter jantung hingga dokter gigi. Bagi yang ingin mendapatkan layanan ini bisa mendownloadnya di playstore atau melalui link https://klinikgo.com/isoman.

7.Link Sehat
Untuk mendapatkan obat gratis di Link Sehat, Pasien Covid-19 yang tengah menjalani Isoman tinggal mendownloadnya melalui link https://link.linksehat.com/mRMf. Selain mendapatkan obat gratis, Anda juga bisa berkonsultasi melalui fitur chat dengan dokter. Tak hanya itu, aplikasi ini juga bisa memberikan rekomendasi rumah sakit maupun dokter terbaik lengkap dengan biayanya.

8.Milvik Dokter
Kementerian Kesehatan menunjuk MILVIK Dokter sebagai salah satu platform telemedicine dalam program penyediaan obat gratis bagi pasien COVID-19.Lewat MILVIK Dokter, pasien isolasi mandiri bisa dengan mudah mendapatkan layanan konsultasi dokter gratis untuk mendapatkan resep digital.

Resep tersebut nantinya bisa ditebus ke Apotek Kimia Farma dan akan mengirimkan obat penanganan sesuai resep bagi pasien COVID-19 yang tengah melakukan isolasi mandiri. Untuk mendapatkan layanan Milvik Dokter bisa mendownload melalui link https://milvik.id/about-us/.

9.ProSehat
Sebelum mendapat obat gratis, pasien isolasi mandiri di Jakarta harus melakukan konsultasi online dengan dokter. Nah, konsultasi itu salah satunya bisa dilakukan melalui aplikasi ProSehat. Namun sebelum melakukan konsultasi, pasien harus memiliki kode voucher untuk konsultasi gratis dan mendownload ProSehat di link https://prosehat.com/wa. Kode voucher akan didapat apabila sebelumnya pasien melakukan PCR atau rapid test antigen di laboratorium yang terafiliasi dengan Kemenkes. Apabila hasilnya positif, laboratorium akan melaporkan hasilnya ke database kasus positif COVID-19 di Kemenkes (NAR). Setelah itu pasien tersebut akan menerima pesan WhatsApp dari akun resmi Kemenkes RI yang bercentang hijau. Pesannya berisi kode voucher untuk konsultasi dokter secara online di 11 platform telemedicine tersebut.Ketika diarahkan pada menu pembayaran biaya konsultasi, pasien harus memasukkan kode voucher agar biaya konsultasinya gratis. Pasien juga harus menginformasikan dirinya adalah pasien program Kemenkes. Setelah itu, dokter akan memberikan resep digital sesuai dengan kondisi pasien.

10.SehatQ
Pasien bisa melakukan konsultasi bersama dokter dan tim medis serta bisa diberikan rujukan ke rumah sakit terdekat. Selain itu mereka bisa mendapatkan obat atau vitamin yang dibutuhkan. Untuk mendapatkan aplikasi ini bisa mendownloadnya melalui link https://sehatqapp.onelink.me/.

11.YesDok
Dalam website resminya, YesDok menjelaskan dirinya sebagai layanan e-health yang terjangkau dengan platform mobile yang mudah digunakan dan tangguh. Platform ini menembus 17.504 pulau dan 260 juta pengguna di seluruh Indonesia.Dokter Mitra YesDok adalah dokter yang terdaftar di Konsil Kedokteran Indonesia. Dokter Mitra YesDok berkomitmen dalam preventif, promotif dan edukasi informasi kesehatan yang berkualitas.Untuk mendapatkan layanan YesDok Pasien harus mengunduhnya terlebih dahulu melalui link https://bit.ly/ISOMAN-YesDok. Setelah itu masukkan Kode voucher yang didapat setelag pasien melakukan PCR atau rapid test antigen di laboratorium yang terafiliasi dengan Kemenkes. Apabila hasilnya positif, laboratorium akan melaporkan hasilnya ke database kasus positif COVID-19 di Kemenkes (NAR).Pasien tersebut akan menerima WhatsApp dari akun resmi Kemenkes RI yang bercentang hijau. Pesannya berisi kode voucher untuk konsultasi dokter secara online di 11 platform telemedicine.

Pasien melakukan konsultasi di YesDok. Ketika diarahkan pada menu pembayaran biaya konsultasi, pasien harus memasukkan kode voucher agar biaya konsultasinya gratis. Pasien juga harus menginformasikan dirinya adalah pasien program Kemenkes.Dokter akan memberikan resep digital sesuai dengan kondisi pasien.

” Cara yang sama bisa dilakukan pula pada aplikasi telemedicine lainnya. Pemerintah berharap cara ini bisa membuat penderita Covid-19 yang tengah melakukan Isoman sembuh,” tutup Menkes Budi.(Hs)

Related posts