Langkah Jitu Wujudkan Fakfak tersenyum

Fakfak tersenyum merupakan jargon dari visi dan misi Bupati Untung Tamsil dan Wakil Bupati Yohana Dina Hindom.

“ Tersenyum merupakan singkatan dari Terdepan, Sejahtera,Nyaman, Unggul dan Mandiri. Selain itu kata tersenyum kami ambil dikarenakan sebagai pemimpin kami harus bersikap ramah terhadap rakyatnya ” ucap Untung Tamsil beberapa waktu yang lalu.

Guna melihat masyarakat Fakfak tersenyum, Usai Pelantikan di April lalu, Untung Tamsil dan Yohana Dina Hindom langsung bergerak cepat, salah satuya dengan dengan mengunjungi Badan Pengkajian dan Pengembangan Teknologi (BPPT) di Jakarta, Jumat (4/6/2021).

Menurut Untung Tamsil, kunjungan dirinya bersama beberapa staf Pemerintah Kabupaten Fakfak ke BPPT untuk menandatangani nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) tentang pengkajian, penerapan dan pemasyarakatan teknologi untuk mendukung pembangunan daerah.

“ Alhamdulillah, pada Jum’at kami telah melakukan MoU dengan BPPT. MoU ini sangat penting untuk mendorong adanya hilirisasi hasil riset ke seluruh pemangku kepentingan, khususnya pemerintah daerah sebagai pilar pembangunan masyarakat,” jelas Untung Tamsil.

Terkait dengan MoU apa saja, Untung Tamsil menjelaskan pengembangan komoditas unggulan baik dari sektor pertanian, perikanan kelautan,perkebunan, inovasi penanganan sampah, serta pengolahan air laut menjadi air untuk kebutuhan sehari-hari di bagian pesisir Kabupaten Fakfak. “ BPPT akan membantu Fakfak di dalam pengembangan buah durian , karena Fakfak punya durian yang tidak kalah dengan durian Medan, kemudian lada dan pala,serta pengolahan air laut menjadi air minum dan akan dibuat pilot project, bisa di Distrik Furwagi atau Distrik Arguni,” jelas Untung Tamsil.

Untung Tamsil berharap kerjasama ini dapat segera ditindaklajuti guna membangun Kabupaten Fakfak kedepan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
“ Saya berharap dengan kerja sama dan sinergisitas lintas sektor dalam melakukan kajian Teknologi Pembangunan Daerah yang tepat sasaran dan berdaya guna, dapat meningkatkan daya saing dan kemandirian di Kabupaten Fakfak sesuai dengan Visi Pembangunan Fakfak Tersenyum,” tegas Untung Tamsil yang ditemani Plt Kepala Dinas PUPR2KP Fakfak Teguh Sugiharto dan Plt. Kepala BP4D Fakfak Eksan Musaad.

Usai ke BPPT, Untung Tamsil melanjutkan perjalanan ke Kementerian PUPR. Di Kementerian PUPR, Untung membahas mengenai pembangunan ruas jalan, yang terintegrasi, untuk mempercepat proses pembangunan nasional termasuk rencana pembangunan smelter di kabupaten Fakfak serta rencana pembangunan pelabuhan rakyat di Kampung Otoweri, Distrik Tomage.
“Kita juga sampaikan perlunya pelabuhan rakyat untuk bisa menyerap investasi dan juga akan menyerap tenaga kerja, dan pak menteri juga mendukung kami terkait pembangunan jalan menuju area bandara sejauh 35 km yang akan menjadi jalan baru,dan ini juga dukungan Pemerintah Pusat dalam proyek strategis nasional,” jelas Untung Tamsil.

Untung Tamsil juga mengatakan bahwa dirinya telah melakukan pertemuan dengan Menteri Investasi Bahil Lahadia. Menurut Untung pertemuan tersebut bertujuan untuk membicarakan investasi di Fakfak.(Hs.Foto.Istimewa) 

Related posts