12 Rumah Rusak Parah Akibat Banjir di NTB

Tak hanya  Nusa Tenggara Timur (NTT), banjir juga terjadi di Nusa Tenggara Barat (NTB).

Berdasarkan laporan BPBD Kabupaten Bima dikutip dari pikiranrakyat.com,Selasa (6/4/2021) yang menjadi penyebab Kabupaten Bima mengalami banjir pada Sabtu (3/4/2021) adalah hujan besar  yang mengguyur Kabupaten Bima dan sekitarnya selama 9 jam. Akibatnya bendungan yang ada di Kecamatan Madapangga,Kecamatan Bolo,Kecamatan Woha dan Monta meluap airnya dan merendam  persawahan hingga perumahan di 29 desa.

Masih menurut laporan BPBD Kabupaten Bima, akibat banjir setinggi 200 sentimeter, 2 warga dinyatakan hilang, sedangkan 9.245 KK atau 27.808 jiwa dilaporkan terkena bencana bencana banjir.

Tak hanya itu 12 rumah dari 9.245 rumah dinyatakan rusak berat,4 unit jembatan putus serta 294 hektar lahan pertanian dan 25 hektar lahan perikanan mengalami kerusakan yang cukup parah.

BPBD sendiri telah memberikan pertolongan kepada warga yang terdampak baik tempat pengungsian sementara maupun bantuan logistik.

Mengetahui wilayahnya terkena banjir, Gubernur Mengetahui wilayahnya terkena banjir, Gubernur NTB Zulkieflimansyah didampingi Bupati Bima Indah Damayanti langsung mendatangi warga terdampak banjir.

Mereka memberikan bantuan logistik kepada warga yang terdampak banjir. Tak hanya itu mereka juga telah melakukan koordinasi dengan pemerintah pusat untuk memperbaiki rumah-rumah warga serta infrastruktur yang rusak akibat banjir.” Syukur kepada Tuhan, pemerintah pusat merespon cepat permintaan kami. Terima kasih pak Jokowi,” tutup Zulkieflimansyah.(Hs.Foto.dok.GP)

Related posts