26 April 2021 Jadwal Pelantikan 3 Kepala Daerah Di Papua Barat

Jakarta,Gpriority-Tanggal 25 Maret 2021, Dirjen Otonomi Daerah (Otda) mengirimkan surat  Kementerian Dalam Negeri nomor 131/1921/OTDA kepada para Gubernur di 32 Provinsi termasuk Papua Barat.

Dalam surat tersebut berisi bahwa pada tanggal 26 April 2021, Pemerintah Pusat akan melakukan pelantikan kepala daerah gelombang 2 yang masa jabatannya akan habis pada Maret, April dan Mei. “ Untuk pelantikannya sendiri akan dilakukan oleh Gubernur,” tulis isi di dalam surat tersebut.

Untuk Papua Barat, pelantikan akan dilakukan oleh Gubernur Dominggus Mandacan di kantor Gubernur Papua Barat dengan menerapkan protokol kesehatan.” Untuk itulah di dalam undangan yang dikirim oleh Kemendagri hanya boleh diwakili oleh Ketua DPRD,Forkominda,Bupati dan Wakil Bupati terpilih,istri atau suami dan 2 orang anaknya saja,” ucap Kabag Pemerintahan dan Otonomi Daerah Ruslan Rumoning S.Sos dikutip dari embaranmedia beberapa waktu lalu.

Terkait dengan bupati dan wakil bupati mana saja yang akan dilantik,Kepala Kesbangpol Papua Barat,Hj.Baesara Wael mengatakan, Kaimana,Fakfak dan Sorong Selatan. “ Untuk Teluk Wondama, kami akan melihat terlebih dahulu keputusan MK. Jika KPU menetapkan lebih cepat pemenangnya, maka Teluk Wondama juga akan mengikuti Pelantikan di tanggal tersebut, namun jika tidak, maka akan masuk gelombang 3 bersama Teluk Bintuni pada 17 Juni 2021,” ucap Baesara Wael.

Sekedar informasi, dalam sidang sengketa Pilkada 2021 yang berlangsung maret, Mahkamah Konstitusi memerintahkan KPU untuk melaksanakan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di 4 TPS di Distrik Wasior pada 8 April 2021. PSU sendiri disaksikan secara langsung oleh Gubernur Dominggus Mandacan.

Dalam siaran persnya, Dominggus mengatakan PSU berjalan lancar. Dan berdasarkan penghitungan akhir setelah ditambah dan dikurangi berdasarkan hasil PSU di 4 TPS Distrik Wasior, pasangan  Hendrik Syake Mambor-Andarias Kayukatui (Hemat) masih tetap memenangkan Pilkada 2021. “ Mudah-mudahan bisa berjalan dengan cepat, sehingga bisa ikut pelantikan di 26 April nanti,” tutup Mandacan.(Hs)    

 

Related posts