2,7 Juta Bibit Holtikultura Mulai Panen, Pj Gubernur Andap: Bukan Hanya Seremonial Semata!

Konawe, GPriority.co.id – Aksi penanaman 2.738.485 bibit Holtikultura berupa sayur mayur secara serentak oleh 117.175 Guru dan Siswa SMA/SMK/SLB di 17 Kabupaten/Kota se-Sultra kini menunjukkan hasil positifnya.

Pejabat (Pj.) Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Andap Budi Revianto menyapaikan kabar gembira dan membuktikan jika keseriusan tidak hanya seremonial semata.

“Alhamdulillah, saya dilaporkan Kadis Diknas bahwa penanaman sayur mayur secara serentak saat peringatan Hari Guru Nasional telah menunjukkan hasil. Hal ini membuktikan keseriusan kami, bukan hanya seremonial acara semata,” kata Andap dalam keterangan resminya, Senin (12/2).

Sebagaimana diketahui, penanaman bibit holtikultura berupa sayur mayur dipimpin langsung Pj. Gubernur Andap didampingi Kepala Dinas Pendidikan Pemprov Sultra Yusmin dan Pj Bupati Konawe Harmin Ramba di SMKN PP 5 Konawe dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional tahun 2023, Sabtu (25/11).

Dalam laporannya, pihak SMKN PP 5 Konawe mencatat sudah 4 kali memanen buah tomat pada bulan Februari 2024. Pihak sekolah mengatakan, hasil panen berkisar 50 hingga 60 kilogram per panennya.

Menurut pihak sekolah sebagai pengawas lahan pertanian, seluas 4 (empat) hektar lahan pertanian dimanfaatkan untuk tanaman pangan. Khusus buah tomat, ada sebanyak 4 are lahan sudah terpakai.

Ditargetkan, panen tomat yang akan berlangsung hingga bulan April 2024 bisa mencapai 1,5 sampai 2 ton. Angka ini didasari penghitungan jumlah hasil panen setiap 2-3 hari sekali sejak bulan Februari hingga April 2024.

Rencananya, akhir Februari 2024 pihak sekolah juga akan memanen tanaman cabai. Hasil panen tersebut, diharapkan dapat menunjang kebutuhan pangan warga dan hasil penjualannya akan dialokasikan untuk kebutuhan siswa sekolah.

“Ada yang menarik dari penanaman bibit holtikultura berupa sayur mayur ini, pada bulan November lalu Sultra dalam kondisi kemarau berkepanjangan, hampir 4 (empat) bulan tidak guyur hujan. Tapi atas seijin Allah SWT dan doa-doa tulus seluruh pihak, Alhamdulillah kita dapat menuai hasil positifnya,” ungkap Kadis Pendidikan Yusmin.

Perlu diketahui, kegiatan tersebut juga mendapatkan apresiasi dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) yang ditandai dengan penganugerahan piagam penghargaan kepada Pj Gubernur Sultra atas rekor “Penggagas Penanaman Bibit Sayur Serentak oleh Peserta Terbanyak”.

Foto: Diskominfo Sultra