3 Menteri Kunjungi Food Estate di Humbang Hasundutan

Humbahas,Gpriority-Guna mengetahui perkembangan food estate di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), 3 Menteri Kabinet Indonesia Maju yakni Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimoeljono melakukan kunjungan kerja ke sana.

Dalam kunjungan tersebut, Luhut, Syahrul Yasin Limpo dan Basuki diajak untuk melakukan panen kentang perdana, bawaang merah serta bawang putih di lahan food estate yang terletak di Desa Ria-Ria. Usai panen, ke-3 Menteri tersebut segera melakukan kick off pembukaan lahan food estate seluas 785 hektar di Desa Hutajulu.

Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan dalam sambutannya mengatakan pengembangan lahan food estate Humbahas ini telah memberikan hasil yang menggembirakan. Pada penanaman perdana, diperoleh hasil panen yang memuaskan yakni kentang sebesar 15 ton per hektar, bawang merah dan bawang putih masing-masing 5,8 ton per hektar. Hasil ini diketahui sebesar 75 persen rata-rata dengan produktivitas nasional.


“Tadi kita sudah melakukan panen kentang dan sama-sama saksikan apa yang kita lakukan di lahan food estate ini. Produksi tanam perdana komoditas kentang di atas rata-rata nasional yaitu 15 ton perhektar, ini baru tanam pertama sehingga tanam kedua dan seterusnya hasil dipastikan lebih bagus,” ucap Luhut.


Luhut berharap dengan adanya food estate di beberapa daerah di Indonesia termasuk Humbahas bisa meningkatkan sektor perekonomian Indonesia.(Hs)

Related posts