4 Desa di Manuhing Gunung Mas Sudah Dialiri Listrik

Pemerintah Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan tengah meresmikan listrik masuk desa di Kecamatan Manuhing, Selasa (24/8/2021).

Ada 4 desa di kecamatan tersebut yang sudah dialiri listrik, diantaranya Desa Bereng Jun, Fajar Harapan, Belawan Mulya, dan Desa Bangun Sari.

Bupati Gunung Mas, Jaya Samaya Monong mengatakan Program listrik mengacu pada Undang-Undang nomor 30 tahun 2009, Peraturan Pemerintah nomor 26 tahun 2006 dan Peraturan Pemerintah nomor 10 tahun 1989, tentang penyediaan dan pemanfaatan listrik.

“Semua desa berhak untuk mendapatkan fasilitas listrik sesuai dengan urutan prioritas, sehingga tidak ada desa yang tidak tersentuh program ini,” ucap Bupati.

Dengan kegiatan peresmian listrik ini, Bupati berharap dapat menumbuhkan semangat kebersamaan dan sinergitas untuk membangun kelistrikan di semua daerah.

Sementara itu, Manager UP3 Palangka Raya, Erwin mengatakan infrastruktur yang PLN bangun di Kecamatan Manuhing terdiri dari pembangunan jaringan tegangan menengah sepanjang 54,8 KMS, pembangunan jaringan tegangan saluran udara tegangan rendah sepanjang 51,73 kilometer sirkuit.

PLN memberikan penerangan pelayanan listrik kepada calon pelanggan yang secara pemetaan di awal berkisar kurang lebih 675 calon pelanggan bahkan mungkin bisa lebih.

“Kami mengajak seluruh bapak dan ibu, marilah kita menjaga aset PLN yang telah dibangun ini sehingga bisa memberikan asupan listrik yang terbaik kepada masyarakat pengguna listrik yang ada di Kecamatan Manuhing ini, mohon bantuan dan dukungannya,” ungkap Erwin.

Ia menjelaskan salah satu gangguan kelistrikan yang ada di daerah tersebut adalah sentuhan pohon.

“Mohon bantuan dan dukungannya kepada seluruh masyarakat mohon kesediaannya, izinnya, dan merelakannya agar PLN dapat menebang ataupun merintis pohon yang ada di sekitar jaringan PLN, karena ini untuk kenyamanan kita dalam menikmati listrik secara bersama-sama,” ujarnya.

Erwin berharap dengan adanya listrik ini dapat mendukung serta mendorong perbaikan kehidupan ekonomi masyarakat dan perbaikan taraf hidup. (Dwi.foto.dok. Humas Gunung Mas)

Related posts