5 Ide Tempat Wisata di Depok Saat Libur Lebaran

Pemerintah Kota Depok menyatakan membuka tempat wisata saat libur Lebaran dari tanggal 12 hingga 16 Mei 2021.

Hal tersebut tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, dan maksimal pengunjung sebanyak 20 persen serta penanggung jawab harus membuat surat pernyataan.

Berikut ini beberapa tempat wisata di Depok yang dapat dijadikan ide berwisata saat Lebaran.

1. DKandang Depok Amazing Farm

Sesuai dengan namanya, DKandang Depok Amazing Fams adalah wisata yang menawarkan konsep pertanian dan peternakan. Lokasinya berada di Jalan Penarikan RT 07/02, Pasir Putih, Sawangan, Depok.

Berbagai aktivitas dan wahana bisa dimainkan disini, salah satunya yaitu fasilitas edukasi dan kreasi. Di bagian edukasi, pengunjung dapat menunggang kerbau, memberi pakan hewan, memanen sayuran, menangkap ikan, dan menanam tanaman hias.

Sementara itu, di wahana kreasi, ada kreasi tanah liat, melukis layangan, membuat topi caping, kreasi boneka potty, kokedama, dan kegiatan melukis kaos bersama. Selain itu juga disediakannya fasilitas memanah, wahana ATV, dan flying fox.

Adapun harga tiket masuk tempat wisata ini yaitu pada hari biasa dikenakan biaya Rp 18.000 dan musim liburan Rp20.000. Dkandang Amazing Fams ini buka setiap hari kecuali hari Jum’at pada pukul 08-00 – 16.00 WIB.

2. Trans Studio Cibubur

Trans Studio Cibubur merupakan taman hiburan indoor yang berada di dalam kawasan Trans Studio Mall Cibubur, Depok. Lokasinya terletak di Jalan Alternatif Cibubur Nomor 230, Harjamukti, Cimanggis, Kota Depok.

Tempat ini menyuguhkan banyak wahana serta atraksi menarik yang dipadukan dengan kecanggihan teknologi. Berdiri di atas lahan yang luasnya lebih dari empat hektar, tempat ini dibagi menjadi beberapa zona. Yaitu zona Trans Central Station, Lagoon, Beach Walk, Sci-Fi City, dan Adventure Zone.

Untuk jam operasionalnya, Trans Studio Cibubur buka setiap hari pukul 11.00 – 18.00 WIB, dengan harga tiket masuk sebesar Rp 375.000. Tiket masuk Trans Studio Cibubur ini merupakan tiket yang dapat digunakan untuk mengakses seluruh wahana dan atraksi yang tersedia.

Berdasarkan informasi dari web resminya, Trans Studio Cibubur saat ini libur Lebaran dan akan buka kembali pada tanggal 14 Mei 2021, dengan menghadirkan promo BUY 1 GET 1 FREE untuk setiap pembelian tiket.

3. Putri Duyung Waterpark Depok

Putri Duyung Waterpark merupakan taman rekreasi air yang berlokasi di Jalan Bungsan, RT 05/RW 04, Bedahan, Sawangan, Depok. Tersedia berbagai wahana permainan air yang seru dan cocok sebagai tempat rekreasi keluarga. Terdapat macam-macam kolam renang dengan berbagai kedalaman, ada kolam untuk bayi, kolam anak-anak, kolam arus, hingga kolam dewasa.

Selain itu juga terdapat wahana seluncuran berbagai bentuk dan ketinggian yang melengkapi masing-masing kolam. Ada juga jembatan titian untuk anak-anak melatih keseimbangan dan ember raksasa yang menumpahkan air.

Untuk jam operasionalnya, taman rekreasi air ini buka seiap hari pukul 08.00 – 17.00 WIB, kecuali hari Jum’at buka pukul 13.00 – 17.00 WIB. Untuk tiket masuknya, wisata Kolam Renang Putri Duyung berbeda untuk hari kerja dan akhir pekan. Di hari senin – Jum’at dibandrol seharga Rp 20.000. Kemudian hari Sabtu, Minggu dan tanggal merah Rp 25.000. Spesial ditanggal 14 – 23 Mei 2021 yang merupakan libur Lebaran dikenakan biaya Rp 35.000. Untuk anak-anak di bawah usia 2 tahun tidak dikenakan biaya tiket masuk.

4. Masjid Kubah Emas Dian Al-Mahri depok

Masjid Kubah Emas merupakan salah satu masjid terbesar se-Asia Tenggara dengan lahan seluas 50 hektar. Terletak di Jalan Raya Meruyung, Limo, Depok, masjid ini dibangun oleh Hj. Dian Djuriah Maimun Al Rasyid pada 2001, dan resmi dibuka untuk umum pada 31 Desember 2006 bertepatan dengan hari raya Idul Adha.

Sesuai namanya, masjid ini dihiasi lima kubah berlapis emas murni 22 karat dengan ketebalan 2-3 milimeter. Tak hanya kubah, beberapa sudut lain di masjid ini juga dilapisi emas, mulai dari relief hiasan di atas tempat imam salat, pagar di lantai dua, hiasan kaligrafi di langit-langit masjid, mahkota pilar masjid, hingga lampu gantung di area utama masjid. Masjid megah ini mampu menampung jemaah hingga 20.000 orang. Setiap pengunjung pun diwajibkan memakai pakaian sopan dan menutup aurat.

Masjid ini mulai bisa dikunjungi antara pukul 04.00 hingga 07.00 dan pukul 10.00 hingga selepas Salat Isya. Jam operasional tersebut berlaku setiap hari kecuali Kamis, di mana masjid buka antara pukul 04.00 hingga 07.00 dan pukul 16.00 hingga selepas Salat Isya. Biaya tiket masuk masjid ini adalah Rp 15.000 per-kendaraan, dan belum termasuk biaya parkir dengan tarif standar.

5. Taman Lembah Gurame

Taman Lembah Gurame merupakan taman yang indah dan asri, berlokasi di Jalan Gurame Raya, Depok Jaya, Pancoran MAS, Depok. Taman ini dilengkapi dengan sebuah danau kecil yang terletak ditengah-tengah taman. Biasanya banyak yang berkunjung kesini untuk menikmati pemandangan atau bahkan berolahraga seperti bermain basket, jogging, futsal, gym dan masih banyak lagi.

Menariknya, Taman Lembah ini seperti taman kota yang tersedia untuk umum, dan bagi pengunjung yang ingin datang kesini tidak dikenakan tarif alis gratis pada pukul 06.00 – 22.00 WIB, jadi kita dapat mengunjungi taman ini kapanpun kita mau.

Related posts