5 Jenis Beras Putih di Indonesia, Mana Favorit Kamu?

Beras merupakan salah satu bahan pokok, dan sumber karborhidrat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia.

Tak hanya karbohidrat, beras juga mengandung protein, vitamin, mineral, asam lemak, energi, zat besi, dan lain sebagainya. Sumber energi yang jika dimasak akan menjadi nasi dan banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Ada beragam jenis beras putih yang popular di Indonesia, diantaranya:

1. Beras Pandan Wangi

Sesuai dengan namanya, beras yang berasal dari daerah Cianjur, Jawa Barat ini memiliki wangi pandan yang pulen dan juga terasa manis. Memiliki tekstur beras berbentuk bulat tidak sempurna, berwarna putih bening sedikit kekuningan, dan terdapat warna putih susu seperti telur di bagian tengah beras.

2. Beras Sentra Ramos

Setra Ramos Beras IR 64 paling sering ditemui karena harganya yang relatif sangat terjangkau. Ciri khas beras ini yaitu bentuknya yang agak panjang, tidak beraroma, memiliki tekstur pulen, gurih, dan tidak lengket ketika sudah dimasak menjadi nasi. Kekurangan dari beras ini yaitu jika sudah lebih dari tiga bulan maka kuaitasnya akan berkurang, menghasilkan tekstur nasi yang pera, dan mudah basi.

3. Beras Rojolele

Beras Rojolele berasal dari Jawa Tengah dan Jawa Timur. Bentuknya bulat sedikit memanjang, warnanya tidak bening dengan sedikit bagian yang berwarna putih susu, dan tidak beraroma. Teksturnya pulen setelah dimasak menjadi nasi. Harganya terbilang lebih tinggi dibandingkan dengan varietas lain. Hal ini karena Rojolele merupakan varietas yang umurnya tidak panjang.

4. Beras Batang Lembang

Batang ini merupakan jenis beras lokal dari daerah Sumatera, hampir identik dengan beras asli Jepang karena sangat pulen. Bentuknya panjang, warnanya putih jernih, teksturnya sangat pulen dan agak lengket, bahkan termasuk yang paling pulen di antara berbagai jenis beras lainnya. Ciri-cirinya butir beras panjang serta warnanya yang putih jernih.

5. Menthik Susu

Beras ini adalah beras Jepang yang dibudidayakan di Magelang, Jawa Tengah. Beras menthik susu tiap butirnya berbetuk gemuk lonjong dan berwarna putih susu. Teksturnya lembut, kenyal, dan beraroma spesial. Beras ini terkenal cenderung lebih sehat karena kandungan glukosa, karbohidrat, dan proteinnya mudah terurai. (Dw.foto.dok.Istimewa)

Related posts