Kepala Perpusnas RI: Orang Hebat Lahir dari Pembaca Ulung

Generasi muda adalah potensi masa depan dan pewaris bangsa. Jangan pernah bermimpi bangsa ini akan memiliki sumber daya yang berkualitas kalau dia tidak kuat dan tidak rajin membaca, semua orang hebat akan lahir dari orang-orang pembaca ulung.

Hal tersebut dikatakan Kepala Perpustakaan Nasional RI Drs, Muhammad Syarif Bando, MM, saat ditemui di Perpustakaan Nasional, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Selasa (03/11/21).

“Saya ingin memberi tahu bahwa persoalan bangsa ini di masa datang bukan saja pada bagaiman mengelola sumber daya yang berlimpah, tapi dia terkait dengan bagaiman menghadapi tantangan daring, secara globar, internasional, atau tantangan dari negara pesaing,” katanya.

Kepala Perpusnas pun menuturkan kunci untuk meningkatkan minat baca yaitu motivasi, sebagai generasi muda harus percaya bangsa ini memang besar dan sangat kaya, namun mereka bisa saja menjadi penonton di negeri sendiri jika tidak memiliki kemampuan untuk menguasai teknologi dan skill untuk dipakai di percaturan global.

“Jadi anda tidak bisa merubah nasib anda sebagai generasi muda kalau anda tidak merubah nasib sendiri jadi belajarlah membaca jangan menunggu orang untuk merubah kalian, karena itu ajaran dari kitab suci manapun mengajarkan kita harus berusaha,” tuturnya.

Selain itu juga harus berjuang keras, punya semangat juang tanpa menyerah pantang mundur, dan terus berusaha berinovasi memperluas pengetahuan, dan terus berlomba dalam menciptakan karya-karya yang bisa dipertandingkan secara global.

“Maka lahirlah orang yang menciptakan jet tempur yang bisa menyerang 6 arah, lahirlah seperti Jeff Bezos yang memiliki pesawat canggih yang bisa pergi berwisata ke angkasa luar dan sebagainya. Semua itu bisa terjadi karena ilmu pengetahuan, dan semua itu ada karena membaca,” pungkasnya. (Dw.foto.dok.GP)

Related posts