5 Tata Krama yang Harus Dibangun Sejak Dini

Sebagai orangtua, Ibu tentu saja mengharapkan Si Kecil tumbuh menjadi sosok yang berkarakter baik. Tentu, hal itu harus dibangun sejak Si Kecil masih berusia dini. Berikut 5 tata krama yang harus dibangun sejak anak masih kecil.

1.Selalu meminta tolong terlebih dahulu
Ibu sebaiknya mengajarkan satu tata krama yang penting dimana Si Kecil wajib mengucapkan kata “minta tolong” terlebih dahulu. Hal ini merupakan satu bentuk penghormatan yang sopan terhadap pihak yang dimintai tolong.

2.Hargai orang dengan kata “Terima Kasih”
Dua kata “terima kasih” sudah cukup untuk memberikan penghargaan yang sepantasnya kepada seseorang yang membantu. Hal inilah yang patut untuk diajarkan Si Kecil dalam proses pembentukan karakternya. Biasakan Si Kecil selalu mengucapkan kedua kata tersebut.

3.Memberikan tempat dan waktu bagi orangtua lebih dulu
Pada tahap awal, ibu dianjurkan untuk mengajar Si Kecil mengalah dan memberikan tempat dan waktu bagi orangtua terlebih dahulu. Sebagai contoh, bangun kebiasaan dimana anak akan mulai makan saat orangtua melahap makanan terlebih dahulu atau memberikan tempat duduk kepada orangtua.

4.Menggunakan tangan kanan
Berbicara mengenai satu bentuk tata krama yang sudah menjadi warisan turun temurun, tentu sangat familiar dengan kebiasaan menggunakan tangan kanan. Si Kecil butuh belajar mengenai perbedaan dari tangan kanan dan tangan kiri yang mengacu sopan santun.

5.Mendengar dan berbicara di waktu yang tepat
Tidak perlu repot dan berlebihan, mulailah dengan mengajar Si Kecil berbicara tanpa memotong pembicaraan orang lain. Pastikan anak mengetahui bahwa bercerita saat orang sedang berbicara merupakan hal yang tidak baik. (VIA)

Related posts