517 Seniman DIY Divaksinasi Covid-19

Yogyakarta,Gpriority-Sebanyak 517 seniman asal Daerah Istimewa (DI) Yogyakarta pada Rabu (10/3/2021) akan mendapat vaksinasi Covid-19 gratis dari Pemerintah Pusat di Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK) Pedukuhan Kembaran, Kalurahan Tamantirto, Kapanewon Kasihan, Bantul.

Menurut Ketua Yayasan PSBK Butet Kartaredjasa dikutip dari presidenri.go.id,vaksinasi akan dilakukan dalam dua tahap yakni pagi dan siang.

” Semua seniman lintas disiplin mulai dari perupa, penyair, sastrawan, penari, pemusik, dalang sampai ketoprak.Dari yang tua hingga muda, misalnya Joko Pekik, Kartika Affandi, Ashadi Siregar, hingga Romo Sindhunata, Agoes Noor, hingga Hanung Bramantyo divaksin pada hari ini,” ucap Butet.

Namun jika ada seniman yang tidak hadir pada hari ini dikarenakan kendala dan waktu, Butet mengatakan bisa mengikuti vaksinasi lanjutan di fasilitas kesehatan yang telah ditunjuk Pemerintah DIY

Jokowi tinjau pelaksanaan vaksin

Sama seperti pelaksanaan vaksinasi bagi nakes,wartawan,lansia dan pedagang, Presiden Jokowi pun turut hadir untuk melakukan peninjauan.

Kehadiran Jokowi ini mendapat sambutan hangat dari seniman lintas disiplin dengan digelarnya pertunjukkan wayang orang antara Gatotkaca dan Petruk.

Dalam pertunjukan tersebut, Gatotkaca meminta Petruk yang belum menerima suntikan dosis vaksin untuk terlebih dahulu mengikuti vaksinasi.Tujuannya agar tetap dapat menjalankan aktivitas seni dengan produktif, aman, dan memberikan perlindungan awal dari virus corona sembari tetap menjalankan protokol kesehatan.

“Kamu sudah divaksin belum? Saya itu satria pringgodani Gatotkaca, otot kawat, tulang besi, disuntik kok. Harus ikut mendukung pemerintah karena pemerintah sudah mengupayakan vaksin gratis. Harus vaksin semua,” celetuk Gatotkaca.

Gatotkaca kemudian beranjak menemani Petruk untuk mengikuti vaksinasi yang dihelat di sebelah aula teatrikal. Dari kursi penonton, Presiden Joko Widodo lantas beranjak untuk menemani Sang Petruk yang tengah divaksinasi.

Usai menemani Petruk divaksinasi, Jokowi pun memberikan sambutan.Dalam sambutannya,Jokowi mengatakan,situasi pandemi saat ini merupakan situasi yang tidak mudah bagi para pekerja seni dan budayawan. Namun, beliau berkeyakinan bahwa di tengah pandemi dan pembatasan yang ada semangat para seniman tidak akan pernah luntur dan karya-karyanya tidak pernah sirna.

“Kita harus terus merawat semangat agar beliau-beliau yang bekerja di bidang seni ini terus memiliki semangat untuk berkarya. Meski dalam masa pandemi dan adanya pembatasan-pembatasan, tetapi karyanya tidak pernah berhenti. Dengan vaksinasi kita harapkan para seniman semuanya bisa terlindungi dari Covid-19,” tutupnya.(Hs.Foto.BPMI Setpres)

Related posts