7 Makanan Yang Sering Jadi Penyebab Alergi Anak

Divisi Alergi Imunologi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menyebutkan 7 makanan dan minuman yang sering menjadi penyebab alergi makanan atau minuman. Apa saja? Berikut ulasannya.

1.Susu sapi
Susu sapi mengandung dua jenis protein yang paling sering menyebabkan alergi, yakni whey dan kasein. Anak-anak bisa saja alergi terhadap salah satu, atau bahkan keduanya. Reaksi alergi susu sapi umunya muncul dalam hitungan menit maupun beberapa jam setelah dikonsumsi.

2.Telur ayam
Alergi dengan telur ayam tidak hanya terpicu dengan mengonsumsi telur bulat-bulat. Balita bisa juga menunjukkan reaksi yang sama saat mereka mengonsumsi makanan lainnya yang juga berbahan telur. Misalnya kue, mayones, atau puding dengan kandungan telur.

3.Ikan laut
Ikan laut seperti tuna, cakalang, atau tongkol adalah salah satu penyebab alergi makanan. Risiko alergi ikan laut akan lebih tinggi bila dagingnya sudah tidak segar.

4.Makanan laut
Definisi makanan laut antara lain adalah udang, kepiting, kerang, cumi-cumi, tiram, atau lobster. Reaksi alergi bisa muncul seketika setelah beberapa menit atau jam, baik karena memakan sedikit atau banyak.

5.Kacang tanah
Anak-anak yang alergi kacang tanah tidak hanya terpicu reaksinya saat memakan kacang utuh saja. Reaksi alergi bisa muncul saat mereka mengonsumsi makanan yang berbahan kacang seperti kue kacang atau selai kacang.

6.Kacang pohon
Anak-anak yang alergi terhadap kacang pohon akan menunjukkan gejala alergi saat mengonsumsi kacang seperti hazelnut, kacang mede, pistachio, atau kenari.

7.Gandum
Anak-anak dengan alergi gandum umunya akan menunjukkan reaksi saat mengonsumsi roti atau sereal yang terbuat dari gandum. Salah satu cara mencegahnya adalah dengan menjalankan diet bebas gandum. (VIA)

Related posts