Ali Mazi Raih Nugra Jasadarma Pustaloka 2021

Nugra Jasadharma Pustaloka adalah pemberian penghargaan tertinggi dari Perpustakaan Nasional setelah melihat dan mendengar kiprah pejabat publik, tokoh masyarakat, masyarakat, media massa, dan lifetime achievement yang dinilai berhasil memfasilitasi dan mendorong pembudayaan kegemaran membaca.

Nugra Jasadharma Pustaloka sendiri dibagi menjadi beberapa kategori salah satunya adalah pejabat publik. “ Ada 7 pejabat publik yang menerima penghargaan dari Perpustakaan Nasional (Perpusnas) salah satunya adalah Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Ali Mazi,” ucap Kepala Perpusnas,Muhammad Syarif Bando dalam siaran persnya usai penyerahan penghargaan secara virtual, Selasa (14/9/2021).

Dilansir dari laman resmi Provinsi Sultra, pada selasa (14/9/2021) Gubernur Ali Mazi membenarkan bahwa dirinya meraih penghargaan Nugra Jasadharma Pustaloka untuk kategori pejabat publik. Menurut Ali Mazi, penghargaan itu diraihnya dikarenakan berkontribusi besar untuk mendorong minat baca dengan mendirikan perpustakaan berkonsep “ Modern Regional Library Sultra”.

“ Saat berkunjung ke ke Boston Library dan Harvard University Library , saya melihat bahwa konsep modern ini bisa diterapkan di Sultra. Dan saya yakin setelah diterapkan maka akan banyak masyarakat yang datang ke perpustakaan untuk membaca,” jelas Ali Mazi.

Yang membuat Ali Mazi yakin adalah perpustakaan yang dibangun di pusat kota ini dilengkapi dengan jaringan internet on spot untuk memudahkan pengunjung mencari literatur online sebagai pelengkap literatur offline yang telah ada. Tak hanya itu perpustakaan ini juga dilengkapi dengan virtual meeting.

Ali Mazi juga yakin jika perpustakaan yang didirikan oleh Provinsi Sultra bisa menjadi ruang wisata literasi bagi masyarakat.(Hs.Foto.Jubir Gub.Sultra)

Related posts