Satu Emas Satu Miliar

Atlet- atlet Papua yang berhasil meraih medali pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 dijanjikan akan mendapatkan penghargaan berupa bonus oleh Pemerintah Provinsi Papua.

Hal tersebut diungkapkan oleh Gubernur Papua Lukas Enembe saat acara pelantikan Kontingen Papua PON XX 2021 di Stadion Mandala Jayapura, Kamis, (09/09/2021).

Lukas Enembe menyebutkan besaran bonus yang diterima para atlet peraih medali emas perorangan sebesar Rp 1 miliar. Kemudian peraih medali perak Rp 500 juta, dan perunggu Rp 250 Juta.

Selain itu medali emas beregu Rp 650 juta per atlet, medali perak Rp 325 juta, medali perunggu 162,5 juta, dan atlet yang tidak mendapat medali juga mendapat bonus sebesar Rp 10 juta.

“Saya menyadari bahwa setiap keringat yang kalian (atlet) kucurkan adalah untuk kebanggan Papua. Oleh karena itu sudah kewajiban saya sebagai Gubernur Papua untuk mengapresiasi setiap perjuangan atlet,” kata Gubernur Papua Lukas Enembe.

Gubernur mengatakan, PON XX di Bumi Cenderawasih akan melahirkan mutiara baru Papua yang dapat mengarumkan Indonesia, seperti Boaz Solossa, Liza Rumbewas, dan Alm Carol Renwarin.

Lukas Enembe menyatakan, target Papua masuk lima besar klasemen perolehan medali bukan hal yang sulit. Apalagi persiapan yang dilakukan sejak tahun 2018 lalu.

“Saya percaya dengan persiapan yang sudah matang selama ini kalian (atlet) lakukan, dengan dukungan seluruh masyarakat Papua secara langsung akan membakar gelora juang kalian semua dalam bertanding, percayalah, Torang Bisa,” tuturnya.

Adapun Kontingen Papua untuk PON XX 2021 dengan kekuatan 945 orang atlet terdiri dari 541 Putra dan 404 Putri, dengan jumlah Pelatih dan Asisten Pelatih 234 orang. Official masing – masing Cabor 133 orang, Jumlah Official pengurus Kontingen sebanyak 215 orang.

“Target Papua 84 medali emas, mengikuti semua nomor yang dipertandingan pada PON XX 2021,” kata Sekretaris Umum (Sekum) KONI Papua, Kenius Kogoya. (Dwi.foto.dok. PON XX)

Related posts