Anies dan Warga Tanam Pohon Loa di Bantaran Kali Ciliwung

Jakarta,Gpriority—Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan bersama warga dan Ciliwung Institute melakukan penanam pohon loa di Bantaran Kali Ciliwung, Taman Maju Bersama (TMB) Gintung, Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Penanaman pohon loa tersebut sebagai bentuk perayaan Hari Air Sedunia. Sedangkan pemilihan pohon loa dilakukan karena pohon ini memiliki akar yang dapat mengikat tanah, sehingga ekosistem sungai dapat terjaga dan terhindar dari erosi.

“Sekarang kita harus secara serius mencari cara untuk bisa menyesuaikan dengan kehidupan alam itu. Jadi saat kita bicara naturalisasi, maka bagaimana kita hidup bersama dengan siklus alam,” ujar Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan, seperti dikutip dari siaran pers PPID DKI Jakarta, Senin (22/3).

Ia menjelaskan, TMB ini berfungsi sebagai pangkalan air di mana saat musim penghujan sebagian besar areanya akan terendam dan membuat aliran sungai terkontrol. Sedangkan saat kemarau akan surut dan dapat dimanfaatkan warga dari mulai berkebun hingga melakukan kegiatan alam.

“Kami ingin kolaborasi ini dikembangkan sehingga lebih banyak lagi kegiatan dari warga yang melestarikan alam dengan didukung pemerintah dan pemerintah hadir untuk memastikan bahwa alam terjaga dengan baik,” tandasnya.(*** AB)

Related posts