Apa Sih Peran Komite Sekolah saat Pandemi?

Salah satu kunci untuk menjaga mutu pendidikan di sekolah adalah kehadiran komite sekolah. Sayangnya di tengah pandemi Covid-19, sebagian besar komite sekolah yang menjadi mitra sekolah tidak menjalankan fungsinya dengan baik, seperti tidak melakukan pengontrolan pada anak ketika Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

Padahal menurut pengamat pendidikan Ali Hanapiah Muhi Abstrak seperti dikutip studylibid.com, Rabu (27/1/2021), salah satu tugas komite sekolah di masa pandemi adalah menjadi pengganti guru dalam mengawasi anak-anak selama belajar di rumah.

Selain itu, masih banyak tugas-tugas lainnya yang harus dijalankan komite sekolah. Berikut ini tugas komite sekolah dilansir dari silabus.web.id.

1.Menyusun AD dan ART Komite Sekolah.

2.Mendorong tumbuhnya perhatian dan komitmen masyarakat terhadap penyelenggaraan pendidikan yang bermutu.

3.Melakukan kerjasama dengan masyarakat dan pemerintah berkenaan dengan penyelenggaraan pendidikan yang bermutu.

4.Menampung dan menganalisis aspirasi, ide, tuntutan, dan berbagai kebutuhan pendidikan yang diajukan masyarakat.

5.Memberi masukan, pertimbangan, dan rekomendasi kepada sekolah mengenai: kebijakan dan program sekolah, RAPBS, kriteria kinerja sekolah, kriteria tenaga kependidikan, kriteria fasilitas pendidikan, dan hal-hal lain yang terkait dengan pendidikan.

6.Mendorong orang tua dan masyarakat berpartisipasi dalam pendidikan guna mendukung peningkatan mutu dan pemerataan pendidikan.
Menggalang dana masyarakat dalam rangka pembiayaan penyelenggaraan pendidikan di sekolah.

7.Melakukan evaluasi dan pengawasan terhadap kebijakan program, penyelenggaraan dan keluaran pendidikan di sekolah.

Fungsi Komite Sekolah

Selain tugas, komite sekolah juga memiliki fungsi sebagai berikut :

1.Mendorong tumbuhnya perhatian dan komitmen masyarakat terhadap penyelenggaraan pendidikan yang bermutu.

2.Melakukan kerjasama dengan masyarakat (perorangan/ organisasi/dunia usaha dan dunia industry (DUDI) dan pemerintah berkenaan dengan penyelenggaraan pendidikan bermutu.

3.Menampung dan menganalisis aspirasi, ide, tuntutan, dan berbagai kebutuhan pendidikan yang diajukan oleh masyarakat.

Peran Komite Sekolah

Keberadaan komite sekolah harus bertumpu pada landasan partispasi masyarakat dalam meningkatkan kualitas pelayanan dan hasil pendidikan di satuan pendidikan/ sekolah. Oleh karena itu, komite sekolah harus memperhatikan perannya. Berikut peran komite sekolah yang dirangkum dari silabus.web.id:

1.Sebagai lembaga pemberi pertimbangan (advisory agency) dalam penentuan dan pelaksanaan kebijakan pendidikan di satuan pendidikan.

2.Sebagai lembaga pendukung (supporting agency), baik yang berwujud finansial, pemikiran, maupun tenaga dalam penyelenggaraan pendidikan di satuan pendidikan.

3.Sebagai pengontrol (controlling agency) dalam rangka transparasi dan akuntabilitas penyelenggaraan dan keluaran pendidikan di satuan pendidikan.

4. Sebagai lembaga mediator (mediator agency) antara pemerintah (eksekutif) dengan masyarakat di satuan pendidikan.(Hs/Silabus)

Related posts