API Ambassador Siap Promosikan Wisata yang Masuk Kategori API 2020


Jakarta,Gpriority- Promosi merupakan langkah yang efektif untuk memperkenalkan pariwisata di suatu daerah. Inilah yang disadari betul oleh panitia penyelenggara Anugerah Pesona Indonesia (API) 2020 dengan membentuk API Ambassador yang berasal dari para Travel Blogger/Influencer yang dipilih oleh panitia penyelenggara.

Dengan hadirnya API Ambassador, diharapkan bisa membuat wisata-wisata yang masuk nominasi bisa semakin terpromosikan.

Untuk penyelenggaraan yang ke-5 ini, API diikuti oleh 34 provinsi dan 140 kabupaten/kota. Daerah-daerah tersebut mengirimkan wisata-wisata yang menjadi andalannya seperti wisata alam, wisata kuliner, atraksi budaya,situs sejarah, surga tersembunyi dan wisata lainnya yang masuk ke dalam kategori API 2020. “ Hingga malam ini tercatat sudah ada 180 nominasi ,” ucap Panitia Penyelenggara API 2020, Hiro Kristianto dalam siaran persnya yang dikirim pada Sabtu (1/7/2020)

Untuk pemungutan suara (voting) Hiro mengatakan, ada sedikit perubahan waktu dikarenakan adanya Covid-19. “ Akibat Covid-19, voting baru bisa dilangsungkan pada 01 Agustus sampai dengan 31 Desember 2020. Sedangkan pengumuman juara akan dilaksanakan saat Malam Anugerah Pesona Indonsia 2020 yang rencananya akan diselenggarakan di Balikpapan pada bulan Februari 2021,” tegas Hiro.

Terkait pelaksanaan seleksi, Hiro mengatakan sama seperti pada penyelenggaraan tahun-tahun sebelumnya masih dilakukan oleh Komite Seleksi yang terdiri dari para personil yang sudah berpengalaman di bidang pariwisata dan mewakili unsur pentahelix (Akademisi, Bisnis,Pemerintah, Komunitas, Media).

Selain itu, dalam rangka meningkatkan unsur promosi bagi nominasi yang ada, maka tahun ini juga dilakukan pengembangan saluran pemungutan suara melalui sosial media. Adapun pelaksanaan pemungutan suara (voting) pada tahun ini dilakukan dengan menggunakan beberapa saluran yaitu :
1. SMS Premium; mulai tanggal 01 Agustus 2020
2. E-poster/E-flyer pada akun instagram@apiaward; mulai tanggal 01 Agustus 2020.
3. Video pariwisata pada youtube channel API Award; mulai tanggal 15 Agustus 2020
4. Aplikasi Android API Award; mulai tanggal 01 September 2020
5. Website anugerahpesonaindonesia.com; mulai tanggal 01 September 2020.

Penjelasan lebih lanjut mengenai seluruh rangkaian kegiatan API 2019 dapat dilihat melalui situs anugerahpesonaindonesia.com dan ayojalanjalan.com.(Haris)

Related posts