Aturan Baru di Perpanjangan PPKM Level 2-4 Jawa Bali


Jakarta,Gpriority-Dalam siaran persnya yang berlangsung secara virtual pada Senin Malam (6/9/2021) Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi sekaligus Koordinator PPKM Pulau Jawa – Bali,Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan bahwa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 2-4 Jawa-Bali kembali diperpanjang hingga 13 September 2021.

Selain diperpanjang, Pemerintah juga memberikan aturan baru. Adapun aturan yang dimaksud adalah Pertama, penyesuaian waktu makan di tempat atau dine in di mal berubah menjadi 60 menit, dengan kapasitas 50 persen. ” Meski diizinkan makan selama 60 menit, tetap pengelola tempat makan harus menerapkan aplikasi peduli lindungi ,” jelas Luhut.

Kedua, tempat wisata kembali diizinkan buka dengan kapasitas 50%. Sama seperti restoran, aplikasi pedulilindung juga harus diterapkan di tempat wisata.

Sementara Sekolah Tatap Muka termasuk Kampus diizinkan untuk kembali menggelar tatap muka dengan kapasitas 25%.

Selain mengumumkan aturan baru,Luhut dalam siaran persnya juga mengatakan bahwa selama penerapan PPKM level 2-4, tinggal 11 daerah yang masih menerapkan Level 4 sisanya sudah turun ke level 2 hingga 3.

Terkait dengan angka kematian, Luhut mengatakan selama seminggu hanya bertambah 612 orang dari 34 Provinsi.” Angka ini jauh lebih menurun dibandingkan bulan Juni,” tegas Luhut.

Sementara angka kesembuhan mencapai 13.049 orang yang sembuh sehingga total menjadi 3.850.689 orang lainnya dinyatakan sembuh.Sementara kasus aktif turun 9.248 menjadi 146.271 orang, dengan jumlah suspek mencapai 256.777 orang.

Luhut berharap sinyal yang positif ini bisa terus dipertahankan. Caranya dengan patuhnya masyarakat terhadap protokol kesehatan, dan vaksinasi.

Luhut yakin jika masyarakat tetap patuh dan vaksinasi terus berjalan maka Covid-19 bisa hilang dari Indonesia.(Hs.Foto.BPMI Setpres)

 

Related posts