Pemkab Sumedang Kenalkan Wisata Paralayang Kampung Toga


Pemerintah Kabupaten Sumedang, Jawa Barat mengenalkan dan mengajak masyarakat berwisata paralayang di Kampung Toga, Jln Makam Cut Nyak Dien, Gunung Puyuh, Desa Sukajaya, Sumedang.

“Everyday is flying in Kampung Toga (setiap hari terbang di Kampung Toga) merupakan jargon yang tepat untuk merepresentasikan bagaimana kesempatan untuk terbang dengan menggunakan paralayang bisa didapatkan setiap pengunjung ke Kampung Toga,” tulis akun instagram @humas_sumedang, Sabtu (04/09/2021).

Diketahui, puncak Kampung Toga berada di ketinggian 710 mdpl sebagai tempat untuk take off paralayang. Sedangkan titik landing-nya di ketinggian 410 mdpl. Sangat cocok untuk kelas ketepatan mendarat (accuracy).

Hal itulah yang ditawarkan Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang kepada para penggemar olahraga dirgantara paralayang baik dari dalam negeri maupun mancanegara.

“Karena tidak seperti di tempat lain yang hanya bisa terbang di bulan atau waktu tertentu, di sini kita bisa terbang tiap hari,” katanya.

Sumedang sudah mempunyai legacy dua kali dalam melaksanakan kejuaraan dunia, dimana terakhir yaitu West Java Paragliding Word Championship 2019 yang dihadiri 20 negara. Saat ini venue Kampung Toga Sumedang terpilih bersama venue Skyland Jayapura Papua untuk menjadi tuan rumah event tersebut, selain itu disana juga menyajikan wisata alam bagi penikmat olahraga dirgantara.

Pemerintah daerah berharap event-event besar tersebut bisa digelar kembali seiring berakhirnya Covid-19 dan sport tourism di Sumedang terus berkembang lagi. (Dwi.foto.dok. Humas Sumedang)

Related posts