Begini Cara Bikin Motor Matic Bersuara Halus


Biasanya masalah yang sering timbul pada skutik adalah bunyinya yang sangat berisik. ” Hal ini bisa terjadi dikarenakan CVT muncul karena karet V-belt haus, roller peyang, grease CVT kering, atau bisa juga karena CVT kotor,” ujar Muksin Kepala Mekanik Honda Pondok Indah saat diwawancarai via WhatsApp pada Sabtu (7/10/2021).

Menurut Muksin,penyebab komponen-komponen tersebut bermasalah dan akhirnya menimbulkan bunyi berasal dari perilaku penggunanya.

Contohnya seperti enggan menekan rem dan memilih memanfaatkan putaran mesin saat harus berhenti di jalan yang menanjak.

Lebih lanjut dikatakan oleh Muksin, agar mesin matic bersuara harus harus rajin dilakukan pemeriksaan.Tahap pemeriksaan yang dianjurkan diawali dengan mengecek kondisi roller, apakah masih mulus atau tidak.

Lalu dilanjutkan dengan memeriksa kondisi V-belt dengan cara diballik dan diperiksa tiap lekukannya satu-persatu. Jika kondisi masih bagus lalu dilanjutkan ke grease atau gemuk yang menjadi pelumas area CVT.

Gemuk yang kering akibat panas juga bisa menjadi penyebab timbulnya bunyi. Oh iya, kalau ternyata grease-nya kering, jangan asal menambah grease ya, harus yang khusus untuk CVT.

Pemeriksaan ini harus dilakukan secara rutin. Dengan pemeriksaan rutin dipastikan suara motor matic Anda menjadi lebih halus.(Hs.Foto. dok.pribadi)

 

 

Related posts