BPOM Restui Vaksin Moderna untuk Pasien dengan atau Tanpa Komorbid

Jakarta,Gpriority-Bagi Anda yang pernah terpapar Covid-19 dan juga Komorbid, tidak perlu khawatir tidak bisa divaksin. Pasalnya pada Jum’at (2/7/2021), Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah menyetujui moderna untuk vaksinasi bagi penderita Covid-19 dan Komorbid.

“ Setelah melakukan observasi dan melihat tidak ada reaksi yang berarti, maka kami merekomendasikan vaksin Covid-19 buatan Amerika Serikat ini, apalagi efektivitas kekebalan pada tubuh meningkat hingga 94,1 %,” jelas Kepala BPOM Penny Lukito dalam siaran persnya pada Jum’at (2/7/2021).

Moderna sendiri rencananya akan diberikan kepada populasi dengan komorbid berdasarkan hasil uji klinis fase 3 yaitu individu dengan penyakit paru kronis, jantung, obesitas berat, diabetes, penyakit liver hati, dan HIV serta Pasien yang pernah terpapar Covid-19.” Mereka pun bisa terkena lagi. Untuk itulah Pemerintah Pusat melakukan penelitian mengenai vaksin yang cocok. Dan Alhamdulillah setelah diobservasi Moderna cocok untuk mereka,” jelas Penny Lukito.

Terkait dengan efek sampingnya, Penny menjelaskan, Nyeri di tempat suntikan,Kelelahan,Nyeri otot,Nyeri sendi dan Sakit kepala. “ Tidak ada efek samping yang sangat berat seperti vaksin lainnya,” ucap Penny.

Penny juga mengatakan setelah disetujui, Pemerintah Pusat secepatnya akan mengumumkan vaksinasi bagi penderita Covid-19 dan Komorbid.(Hs.Foto.Istimewa)

Related posts