Buka AOE (Apkasi Otonomi Expo) 2021,Jokowi Pesan ini

Bogor,Gpriority-Setelah ditunda 1 tahun lamanya akibat Covid-19, Apkasi Otonomi Expo (AOE) 2021 kembali digelar di JCC Senayan, Jakarta dengan protokol kesehatan yang ketat.

AOE 2021 dibuka secara langsung oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) pada Rabu (20/10/2021). Dalam sambutannya Jokowi meminta setiap daerah untuk fokus dalam mengembangkan produk unggulan masing-masing.

“Setiap daerah harus fokus pada produk unggulannya sehingga bisa saling menopang, bisa saling mengisi, bisa saling melengkapi dalam value chain nasional kita,” ujar Presiden.

Lebih lanjut, Kepala Negara uga meminta agar perdagangan antardaerah baik antarkabupaten, antarprovinsi, maupun antarpulau diperkuat. “Saya kira dalam forum-forum Apkasi ini perlu terus disampaikan. Perdagangan antardaerah, antarpulau harus terus dikembangkan dan setiap daerah sebaiknya fokus pada produk unggulannya. Jangan semuanya dikerjain, sehingga nanti ke depan bisa saling menopang,” ujarnya.

Presiden menekankan, potensi pasar dalam negeri masih terbuka lebar dan harus dimanfaatkan sehingga tidak diisi oleh produk-produk dari negara lain.

“Jangan melupakan, sekali lagi, pasar dalam negeri yang sangat potensial, yang sangat besar karena jumlah penduduk kita 270 juta dan kelas menengahnya bertumbuh sangat pesat. Ini yang harus menjadi peluang untuk memperkuat industri dalam negeri kita. Jangan sampai pasar yang besar ini diambil oleh produk-produk negara lain,” tutupnya.(Hs.Foto.Humas Apkasi)

 

Related posts