Bupati Kapuas Ajak Semua Elemen Masyarakat Cegah Karhutla

Dalam rangka kesiapan menghadapi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat memimpin apel gelar pasukan dan sarana prasarana hadapi karhutla.

Apel tersebut dilakukan serentak seluruh Kabupaten di Provinsi Kalimantan Tengah secara virtual, dari halaman Kantor Bupati Kapuas, Kamis (12/08/2021).

Bupati Kapuas menyampaikan dalam amanatnya bahwa saat ini pemerintah pusat maupun daerah, sedang fokus pada penanganan Covid-19, sehingga bencana non alam ini memaksanya untuk merubah tatanan kehidupan sosial, budaya dan ekonomi masyarakat.

“Kita wajib menerapkan prilaku hidup sehat dan rutin menerapkan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari dan paling terpenting kepada masyarakat Kabupaten Kapuas untuk tidak mengumpulkan orang banyak,” tutur Ben.

Selain menghadapi Covid-19, Ben juga mengatakan bahwa masyarakat tengah dihadapkan dengan memasuki awal musim kemarau berdasarkan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), yang merupakan peringatan dini terjadinya kebakaran hutan.

Karena hampir sebagian besar kondisi lahan di Kabupaten Kapuas adalah lahan gambut terutama di daerah pasang surut, Ben memperingatkan agar kondisi ini menjadi perhatian bagi semua elemen masyarakat.

Pihaknya pun telah berkomitmen untuk melakukan upaya pencegahan dalam penangulangan kebakaran hutan dan lahan guna menghindari terjadinya bencana yang lebih besar.

“Saya mengajak dan mengimbau kita semua bersama-sama, bahu – membahu untuk menangani kebakaran hutan dan lahan guna menekan jumlah hotspot diluas yang terbakar di Kabupaten Kapuas, sesuai komitmen kita bersama kepada pemerintah pusat dan provinsi,” tutup Ben. (dwi.foto.doc.humaskab Kapuas).

Related posts