Bupati Kubu Raya Ingatkan Inspektorat Manfaatkan Digitalisasi

Kubu Raya, Gpriority- Bupati Kubu Raya, Kalimantan Barat Muda Mahendrawan menyampaikan kepada seluruh inspektorat kabupaten/kota di Kalbar untuk bisa memanfaatkan teknogi digitalisasi, untuk mempermudah peran dan fungsi inspektorat.

Hal tersebut Ia sampaikan usai menjadi pembicara Seminar Transformasi digitalisasi pengawasan intern dalam mengawal pembangunan daerah yang berkelanjutan di wilayah Kalbar, yang dilaksanakan oleh Inspektorat Kalbar di Pontianak, Kamis (18/11/21).

“Saat ini semuanya bisa lebih dipermudah dengan aplikasi, namun perlu menjadi catatan kita jangan sampai ‘beternak’ aplikasi. Maksudnya, kita banyak membuat aplikasi, tetapi tidak dioptimalkan, karena itu sama saja dengan pemborosan anggaran,” katanya.
Di Kubu Raya sendiri, Bupati Muda menyebutkan bahwa pihaknya menerapkan Geoportal dan Webgis Kepong Bakol yang dapat mempermudah peran Inspektorat dalam membina dan mengawasi pelaksanaan urusan pemerintahan daerah.

“Adanya data yang valid yang tersedia dalam Webgis Kepong Bakol, bisa mendapatkan informasi yang dibutuhkan, terutama mempermudah Inspektorat dalam menjalankan fungsi pengawasan intern. Ini juga bisa memperkecil risiko dalam pemerintahan,” tutunya.

Sistem yang telah dibangunnya sampai dengan penatausahaan dan pertanggungjawaban bisa dilakukan lebih terkendali. Terutama bisa saling berbagi dengan sistem informasi data yang berbasis kepastian. Invasi tersebut masih terus dikebangkan dan berperoses.

“Tapi sudah mulai menjadi basis perencanaan supaya informasi baik by name dan by address, by coordinat bisa menghubungkan subjek dan objek yang ada di semua titik satuan wilayah-wilayah mulai RT, dusun, desa, kecamatan dan kabupaten,” tandasnya. (Dw.foto.dok.Humpro Kubu Raya)

Related posts