Bupati Sigi Tingkatkan Daya Beli Masyarakat Desa

Sigi,Gpriority- Dalam rangka meningkatkan daya beli masyarakat di kawasan pedesaan, Bupati Sigi, Sulawesi Tengah Mohamad Irwan meluncurkan Program Padat Karya Tunai Desa Berbasis Agribisnis, Kamis (25/11/21).

Program tersebut merupakan dukungan dari pelaksanaan program padat karya tunai di desa, pada tanggal 18 Desember 2017 lalu.

“Program inovasi Padat Karya Tunai Desa Berbasis Agribisnis akan menjadikan Badan Usaha Milik Desa sebagai konsolidator sekaligus aggregator komoditas unggulan desa yang organik untuk mewujudkan Kabupaten Sigi berdaya saing,” katanya.

Bupati menjelaskan skema tersebut akan dilakukan secara spesifik pada sektor pertanian dan perkebunan dengan memanfaatkan lahan kosong warga, lahan desa atau hutan desa untuk dikelola oleh masyarakat berdasarkan potensi komoditas desa setempat melalui BUM Desa.

Pembangunan desa diharapkan dapat menyelesaikan persoalan di desa terutama kemiskinan, stunting, dan pengangguran. Meningkatkan daya beli masyarakat, mengurangi angka gizi buruk, menggerakkan ekonomi desa, serta mengembangkan kawasan pedesaan.

“Kegiatan ini tentunya diharapkan dapat memberi kepastian peluang yang sangat besar atas terbukanya lapangan pekerjaan bagi masyarakat dan menciptakan rasa bergotong-royong semakin erat serta membuat kebersamaan warga semakin dekat sehingga hubungan emosional mejadi perekat,” tandasnya. (Dw.foto.dok.Humas Sigi)

Related posts