Bupati Subang Paparkan Masalah Perizinan di Area Wisata


Subang,Gpriority- Bupati Subang, Jawa Barat H. Ruhimat, S.Pd, M, Si, mengungkapkan bahwa Kabupaten Subang memiliki potensi yang besar mulai dari gunung hingga pantai, sehingga peluang usaha dapat tercipta dan juga perizinan.

Hal tersebut Ia sampaikan saat menerima kunjungan dari Kepaa Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Jawa Barat, di Ruang Rapat Segitiga, Subang, Kamis (02/12/21).

Pada pertemuan tersebut Bupati meminta arahan dan saran terkait perizinan, sebab ada beberapa permasalahan yang terjadi. Bupati menceritakan salah satunya terkait pariwasata yang kepemilikannya diakui sebagai aset BUMN.

“Area pariwisata di Subang Selatan, merupakan lahan eks HGU (Hak Guna Usaha) yang telah habis masa gunanya sejak tahun 2002, namun diizinkan secara sepihak oleh PTPN (PT Perkebunan Nusantara) yang bekerjasama dengan pihak swasta,” katanya.

Bupati Subang pun merasa khawatir akibat adanya pariwisata di selatan yang tidak sesuai regulasi dan merusak alam, padahal tempat tersebut adalah area serapan air.

Selain itu, Ia juga menyampaikan terkait galian C yang kebanyakan tidak memiliki izin, membuat pemerintah tak bisa menarik dana retribusi, namun dampaknya sangat besar, salah satunya mengakibatkan jalanan rusak. Menurutnya efek domino dari permasalahan tersebut, akan terus berlanjut apabila permasalahan ini tidak diselesaikan.

Menanggapi hal tersebut, Kepala DPMPTSP Subang Drs. Rahmat Fatharrahman, M.Si mengatakan terkait galian C, dirinya menyampaikan bahwa saat ini galian ilegal tersebut tengah diawasi oleh divisi khusus dari pusat. Divisi khusus tersebut akan menutup galian tersebut jika berpotensi merusak lingkungan. (Dw.foto.dok.Humas Subang)

 

Related posts