Cara Jitu Hindari Plagiarisme

Plagiarisme di dalam dunia akademik maupun jurnalistik bukanlah sebuah pelanggaran yang dianggap ringan. Karena itu, sebaiknya harus dihindari. Untuk membantu Anda menghindari masalah ini, ada beberapa tips yang dapat dipergunakan.

1.Kenali dulu apa itu plagiarisme
Langkah yang pertama adalah mengenali dulu apa itu plagiarisme. Menurut plagiarism.org, plagiarisme adalah mencuri ide atau kata-kata orang lain dan mengklaimnya sebagai milikmu.

Plagiarisme juga berarti menggunakan kata-kata orang lain tanpa mencantumkan sumbernya.Jadi, hindari melakukan kedua hal tersebut agar hasil karyamu tidak plagiat, meskipun kadang writer’s block terjadi dan menjadi kreatif terasa sulit.

2..Cantumkan sumber
Perlu Anda ingat, kalimat yang Anda kutip merupakan hasil hasil karya orang lain yang perlu dihargai. Jadi apabila Anda mengutip dari suatu sumber, cantumkan di dalam tulisan Anda. Dengan demikian Anda akan terhindar dari plagiarisme.

3. Pahami konteks sebuah tulisan
Sebelum memulai tulisan, pahami dulu berita yang akan dibuat, dengan demikian tulisan yang disajikan beda dengan yang lain.

4.Gunakan bahasa sendiri
Setelah memahami konteks suatu sumber, cobalah tulis ulang dengan memparafrasa atau menggunakan bahasamu sendiri.

Dengan cara ini, kamu bisa menghindari plagiarisme karena tidak menggunakan kata-kata yang persis sama dengan sumber tulisannya.

Untuk itu, usahakan untuk menggunakan susunan dan kosakata yang berbeda namun masih bisa dipahami dengan jelas untuk menghindari kesamaan tulisan.

5. Cek dengan tool plagiarisme
Jika Anda kesulitan untuk menghindari Plagiarisme, ada tool menarik yang bisa dipergunakan,namanya SEO magnifer.com. Dengan alat ini Anda bisa merubah tulisan Anda yang ternyata plagiarisme. (Hs.Foto.Istimewa)

Related posts