Catat Jadwal Kegiatan Maniamolo Fest 2022 Nias Selatan


Jakarta,GPriority.co.id – Maniamolo Fest merupakan event tahunan di Desa Hilisimaetano, Maniamolo, Nias Selatan, Sumatera Utara. Event ini menghadirkan sejumlah panggung hiburan hingga pagelaran ritual adat khas Nias Selatan.

Maniamolo Fest 2022 digelar pada tanggal 19 – 26 Juni 2022 dengan mengusung tema “Lestarikan, Cintai, dan Jelajahi Budaya Kita”. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno dijadwalkan akan melakukan kunjungan ke acara ini pada hari Rabu, (22/6/2022).

Menparekraf tengah melakukan kunjungan dalam rangka visitasi ke 50 besar desa wisata se-Indonesia. Desa Wisata Hilisimaetano yang merupakan salah satu desa adat tertua di Nias Selatan termasuk didalamnya karena terpilih sebagai pemenang Anugerah Desa Wisata Indonesia Terbaik tahun 2022.

Ketua Penyelenggara Maniamolo Fest 2022, Kristiaman Dakhi mengatakan bahwa tujuan diselenggarakannya acara ini adalah sebagai bentuk pelestarian budaya leluhur serta memperkenalkan budaya Nias khususnya Sumut kepada wisatawan.

Melansir dari laman resmi Kementrian Pariwisata dan Ekomomi Kreatif (kemenparekraf), berikut serangkaian acara Maniamolo Fest 2022:

19 Juni 2022: Opening Ceremony, Lomba Maena Kreasi, Pagelaran Seni dan Malam Hiburan.
20 Juni 2022: Pagelaran Upacara Penikahan Adat dan Pagelaran Seni dan Malam Hiburan.
21 Juni 2022: Pagelaran Hoho Fetataro, Festival Permainan Anak, Pagelaran Seni dan Malam Hiburan.
22 Juni 2022: Pagelaran Ritual Fanibo Lawölö Fatao ( Famadaya Harimao), Pagelaran Seni dan Malam Hiburan.
23 Juni 2022 : Lomba Tari Kreasi Dan Dance, Lomba Vocal Group Lagu Nias, Pagelaran Seni dan Malam Hiburan.
24 Juni 2022 : Pagelaran Danggar Budaya Cilik, Festival Fahombo (Lompat Batu), Pagelaran Seni dan Malam Hiburan.
25 Juni 2022 : Festival Paduan Suara Lagu Nias, Festival Busana Tradisional Nias, Pagelaran Seni dan Malam Hiburan.
26 Juni 2022 : Closing Ceremony dan Pengumuman Lomba.

Menparekraf berharap, dengan adanya event ini pelestarian budaya dan potensi pariwisata di Nias bisa semakin eksis dan berkembang, sehingga dapat membantu perekonomian lokal serta membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar. (Hn.Kemenparekraf)

Related posts