Sulsel Jadi Tuan Rumah Bimtek Pengujian Sistem Jalur dan Bangunan Kereta Api

Makassar,GPriority.co.id– Sulawesi selatan dipilih menjadi tuan rumah dalam pelaksanaan Bimbingan Teknis (Bimtek) tentang Tata Cara Pengujian Sistem Jalur dan Bangunan Kereta Api, yang diselenggarakan oleh Direktorat Prasarana, Direktorat Jenderal Perkeretaapian, Kementerian Perhubungan.

Bimtek yang dipusatkan di hotel fourpoint,Makassar dihadiri Kepala Balai Pengelola Kereta Api Sulawesi Selatan Amanna Gappa, dan beberapa pejabat lainnya, diantaranya kepala balai di wilayah Ditjen Perkereta apian, Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jawa Bagian Barat, Erni Basri, Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Sumatera bagian Selatan, Ikhsandy Wanto Hatta dan Kasubdit Kelaikan Jalur dan Bangunan KA. Serta kepala seksi peningkatan dan perawatan sarana dan prasarana, Arief Sudyatmoko dan Pejabat Pembuat Komitmen Konstruksi Maros-Pangkep, Ari Wibowo.

Dalam sambutanya, Amanna Gappa mengucapkan syukur dan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan direktorat prasarana menjadi tuan rumah dalam kegiatan bimtek di Sulawesi Selatan.

“Saya tentunya bersyukur dan berterima kasih kepada direktorat prasarana, Direktorat Jenderal Perkeretaapian untuk mempercayakan Balai Pengelola Kereta Api Sulawesi Selatan sebagai tuan rumah bimbingan teknis tata cara pengujian sistem jalur dan bangunan kereta api. Tentunya ini merupakan awal dari kebangkitan perekonomian Sulawesi Selatan selama masa pembangunan jalur KA Makassar-Parepare yang tidak lama lagi akan beroperasi” kata Amanna

Gappa dalam forum kegiatan, menjelaskan dengan banyak nya kegiatan bidang perkeretaapian yang diadakan di Sulawesi Selatan, tentunya ini juga menjadi nilai tambah untuk meningkatkan pendapatan perekonomian Sulawesi Selatan dan memberikan dampak dominan untuk berbagai macam sektor seperti perhotelan, logistik, restaurant dan pariwisata.

Kegiatan yang sebelumnya dibuka oleh perwakilan direktur prasarana,  kasubdit kelaikan Jalur dan Bangunan KA, Nur Setiawan Sidik. Pada kegiatan ini dibagi menjadi 5 sesi pemateri.

Sesi pertama diisi Budi Santoso, materi tentang tata cara uji beban statis dan dinamis jembatan longspan kereta api (PT. Pratama Daya Cahya Manunggal). Sesi kedua diisi oleh ketua KKJTJ, Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR Panji Krisna Wardana, dengan materi Proses Bisnis dan Penilaian Keamanan Desain dan Kelaik Fungsian Jembatan dan Terowongan Kereta Api.

Lanjut di sesi Ketiga materi tentang Proses Bisnis dan Pelaksanaan Pengujian Jembatan Kereta Api dibawakan oleh Direktorat Bina Teknik Jalan dan Jembatan Redrik Irawan. Dalam materinya Redrik menjelaskan tahapan-tahapan pengujian harus melalui berbagai sesi agar pelaksanaan dalam pengujian jembatan berhasil.

Pada sesi keempat materi tentang Proses Bisnis dan Pelaksanaan Pengujian Rancang Bangun dan Fungsi Jalur dan Bangunan Kereta Api, dibawakan oleh Yohary Baruna Putra dari Balai Pengujian Perkeretaapian.

Sementara di sesi kelima diisi oleh Donny Silando dari instansi Direktorat Prasarana Perkeretaapian. Dengan materi Sosialisasi SOP Pengujian Sistem Jalur dan Bangunan KA dan Himbauan Sertifikasi. (Ae)

Related posts