Cegah Covid-19, Ulama Aceh Utara Sosialisasi Prokes dengan Rebana

AcehUtara,Gpriority-Meningkatnya kasus Covid-19 di Aceh membuat prihatin semua kalangan termasuk para  ulama di Aceh Utara.

Untuk itulah mereka berkewajiban membantu Pemerintah Provinsi Aceh untuk melakukan pencegahan dengan melakukan sosialisasi penerapan protokol kesehatan.

Saat melakukan sosialisasi inilah mereka melakukan beragam cara termasuk dengan menggunakan rebana seperti yang dilakukan salah satu dai yang berasal dari Aceh Utara Muhammad Romli.

Dilansir dari laman resmi kemenag, Muhammad Romli menggunakan rebana saat melakukan sosialisasi di berbagai majelis taklim, masjid dan mushalla dikarenakan agar mudah dipahami oleh masyarakat. Menurut Romli, terobosan ini merupakan hasil perenungan atas fenomena abainya oknum masyarakat terhadap Prokes. Menurutnya, masyarakat yang abai baru sadar ketika terjangkit Covid-19. 

“Tentu kita sosialisasikan dua hal. Pertama doa, kedua ikhtiar. Prokes 5M ini bentuk ikhtiarnya. Memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas,” tambahnya. 

Selain melakukan sosialisasi di berbagai majelis taklim dan masjid atau mushalla, Romli menjelaskan bahwa dirinya  juga menggunakan media sosial agar pesannya itu bisa sampai kepada masyarakat Indonesia khususnya Aceh Utara. 

“Kita kumpulkan binaan dari kalangan remaja. Kita siapkan alat rebananya. Kita rekam dengan alat seadanya, lalu kita unggah di media sosial,” tutupnya.(Hs.Foto.dok.Humas Kemenag)

 

Related posts