Cek Dulu Sebelum Hiking ke Rinjani

Bagi Anda penyuka hiking, ada kabar yang sangat menyedihkan, yakni Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (BTNGR) resmi menutup seluruh jalur pendakian. Menurut release yang diterima pada Selasa (28/12/2021), penutupan dilakukan hingga 31 Maret 2021.

Menurut Kepala BTNGR, Dedy Asriadi, keputusan ini diambil dikarenakan cuaca ekstrem yang belakangan ini terjadi di Pulau Lombok. Dan pastinya akan membahayakan bagi para pengunjung.” Keselamatan pengunjung adalah yang utama. Untuk itulah selama 3 bulan gunung rinjani kami nyatakan ditutup,” kata Dedy.

Dilansir dari laman resmi BMKG, di Pulau Lombok pada saat ini tengah terjadi hujan lebat yang berpotensi memicu angin kencang dan juga banjir. Hal inilah yang membuat BTNGR dengan sangat terpaksa menutup jalur pendakian di gunung rinjani.

BTNGR juga menghimbau kepada para pengunjung yang akan melakukan pendakian pada 31 Desember agar segera melakukan check out di masing-masing pintu pendakian. “ Kami berharap agar pengunjung dapat mematuhi himbauan ini, demi keselamatan bersama,” jelas Dedy.

Dedy juga mengatakan bahwa selama masa penutupan, BTNGR akan melakukan pemulihan ekosistem, sehingga Gunung Rinjani kembali terlihat indah.(Hs.Foto.BTNGR)

Related posts