Cek, Mungkin Ciri Ini Ada di Pasanganmu Yang Mengalami Trust Issues

Jakarta, GPriority.co.id – Pernah mendengar istilah trust issues? Atau belum pernah dengar sama sekali? Kalau begitu berikut penjelasannya.

Trust issues adalah kondisi dimana seseorang sulit percaya pada orang lain mengenai suatu hal. Orang yang mengalami trust issues akan cenderung mudah menaruh curiga dan kecemburuan pada orang lain, termasuk pada pasangannya sendiri.

Trust issues bisa menimpa siapa saja, sebab kondisi ini dapat muncul akibat trauma yang dimiliki oleh seseorang dalam hidupnya. Trauma atau kejadian yang tidak menyenangkan ini ada kaitannya dengan masalah kejujuran.

Nah untuk mengetahui pasanganmu mengalami trust issues atau tidak? Cek ciri-ciri berikut ini.
1.Pasanganmu sering menaruh rasa curiga terhadap kamu. Curiga dalam hubungan memang menjadi hal yang toxic, namun bila pasanganmu menaruh curiga yang berlebihan bisa jadi yang bermasalah adalah pasanganmu.

Contohnya dia merasa curiga pada orang lain yang statusnya belum lama kenal atau curiga dengan semua teman lawan jenismu. Bisa jadi rasa curiga berlebih itu adalah trust issues.

2.Merasa tidak layak mendapat kasih sayang. Rasa tidak percaya pada orang lain memungkinkan akan terbawa hingga pasangannya sendiri. Pasanganmu bisa saja merasa kasih sayang kamu berikan itu tidak benar dan meragukan hal itu.

Hal itu akan berdampak pada sikap pasanganmu yang cenderung tertutup dan berujung pada tidak saling percaya karena ada unsur kecurangan. Inilah salah satu yang menyebabkan suatu hubungan tidak mendalam

3.Sulit memaafkan. Orang yang mengalami trust issues cenderung akan mengaitkan masalah kecil pada masalah lain yang pernah ia alami sebelumnya. Padahal bisa saja masalah tersebut baru dialami dan tidak ada hubungannya sama sekali.

Hal ini bisa saja terus berulang dan terus dikaitkan dengan yang sudah berlalu. Bisa jadi hal tersebut dikarenakan dirinya sulit memaafkan sehingga selalu mengaitkan apapun yang terjadi dengan masa lalunya.

4.Protektif. Pasanganmu protektif terhadapmu atau bahkan over protektif? Hati-hati, bisa jadi pasanganmu mengami trust issues. Rasa curiga yang berlebihan kerap membuat seseorang tidak percaya pada apapun yang dilakukan, sehingga ia akan melarang segala sesuatu yang menurutnya harus dilakukan. Padahal apa yang dipikirkan olehnya belum tentu benar dan bisa jadi memang tidak ada hal yang perlu dilarang.

Itulah ciri dari seseorang yang mengalami trust issues, pasanganmu memiliki ciri di atas? Jika ya, sarankan pada pasanganmu untuk mencoba menerima apa yang sudah berlalu dan mencoba memaafkan apapun yang telah terjadi. Mulailah terbuka dengan orang terdekat dan lalukan dengan perlahan. Bila merasa butuh bantuan ahli, bisa saja kunjungi psikiater untuk mendapatkan konsultasi yang tepat. (Gs.Foto.Istimewa)

Related posts