Suguhkan Panorama Indah Berbalut Seni Budaya, Berikut Festival Gunung yang Digelar Indonesia

Jakarta,GPriority.co.id – Secara geografis, Indonesia terletak di wilayah yang dikelilingi oleh gunung-gunung berapi atau cincin api pasifik. Oleh sebab itu, gunung berapi sangat dihindari bagi sebagian masyarakat karena rawan dengan bencana alam. Namun, banyak juga masyarakat sekitar yang menggunakan gunung sebagai lokasi suatu acara.

Gunung tidak hanya dijadikan sebagai tempat untuk aktivitas harian seperti pertanian atau pendakian, tetapi juga banyak event-event yang diadakan di kaki hingga atas gunung dalam rangka melestarikan adat budaya leluhur atau sebagai kegiatan pariwisata. Berikut 5 festival gunung yang diselenggarakan di Indonesia:

1. Festival Lima Gunung
Festival Lima gunung (FLG) merupakan event kesenian yang diusung oleh Komunitas Lima Gunung. Komunitas ini merupakan paguyuban warga dusun di Jawa Tengah yang daerahnya dikelilingi oleh 5 gunung seperti Merbabu, Merapi, Sumbing, Andong, dan Menoreh.

Jenis acara yang ditampilkan dalam festival ini sangat beragam diantaranya adalah pementasan kesenian tradisional dan kontemporer, pameran lukisan, dan pameran batik. Tujuan utama festival ini adalah sebagai bentuk upaya pelestarian budaya Jawa dan wadah silaturahmi bagi para seniman.

2. Lampung Krakatau Festival
Lampung Krakatau Festival merupaka event yang diadakan sebagai wadah untuk mengenalkan budaya dan wisata-wisata di Provinsi Lampung. Event ini bertujuan untuk meningkatkan potensi Lampung sebagai destinasi wisata unggulan di Pulau Sumatera.

Beberapa aktivitas yang bisa dijajal di festival ini adalah jelajah Krakatau, snorkeling, jelajah rasa atau bazar kuliner, pasar seni, jelajah layang-layang, jelajah semarak budaya, investor summit, fun swimming, hingga perlombaan yang diikuti oleh sejumlah peserta.

3. Festival Pesona Tambora
Festival Pesona Tambora merupakan salah satu festival gunung yang sudah ditetapkan sebagai event tahunan dalam kalender Event Nusantara. Pada tahun 2017, Festival Pesona Tambora diselenggarakan di Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat.

Serangakaian acara yang bisa dinikmati oleh para pengunjung diantaranya adalah atraksi paralayang, penampilan kesenian budaya rakyat, Barapan Kebo, lomba lari maraton, barapan ayam, workshop koreografi hingga bazar kuliner.

4. Festival Gunung Slamet
Gunung Slamet merupakan salah satu gunung tertinggi di Jawa Tengah. Festival Gunung Slamet (FGS) memiliki event yang diselenggarakan oleh Desa Wisata Serang, Purbalingga. Festival ini telah memasuki tahun keempat saat ini.

Serangkaian acara yang diselenggarakan dalam festival ini salah satunya adalah ritual Air Sikopyah yaitu pengambilan air suci dari mata air Sikopyah menggunakan bambu yang sudah dibentuk sedemikian rupa, yang kemudian disemayamkan di Balai Desa selama dua hari. Air tersebut nantinya akan dibagikan ke masyarakat.

Ritual air suci ini merupakan hal yang wajib yang dilakukan saat FGS diadakan. Selain ritual pengambilan air suci, ada pula acara-acara hiburan lainnya seperti pertunjukan musik, pawai budaya, pagelaran wayang, dan masih banyak lagi.

5. Festival Kelud
Sesuai dengan namanya, festival ini diadakan di Gunung Kelud, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Festival ini digelar sebagai upaya untuk melestarikan kesenian budaya Jawa Timur sekaligus menarik kunjungan wisatawan pasca erupsi Gunung Kelud beberapa tahun lalu.

Kegiatan yang biasanya dilakukan dalam Festival Kelud diantaranya pagelaran seni “Tobong Art”, ritual sesaji Gunung Kelud, lomba tari dan campursari, lomba balap sepeda, lomba lari sepanjang kaki Gunung Kelud, dan juga bursa buah dan agrobisnis. (Hn.foto.Istimewa)

Related posts