Cek bansos.kemensos.go.id Sudah Terima Bansos?


Jakarta, Gpriority-Pada Mei dan Juli Pemerintah Indonesia menerapkan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat dan level 4 di Jawa dan Bali.

Hal ini tentu saja berdampak pada perekonomian masyarakat dikarenakan masyarakat yang tidak bekerja di sektor kritikal dan esensial tidak bisa bekerja akibat penerapan kebijakan WFH 100% dan penutupan tempat usaha.

Guna mengatasi permasalahan tersebut, Pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Sosial kembali memberikan bantuan sosial kepada masyarakat yang terdampak.

Adapun bantuan tersebut berupa uang tunai sebesar Rp.300 ribu setiap bulannya dan beras sebesar 10 kg.

Kemensos seperti dikatakan Mensos Tri Rismaharini tidak ingin kejadian seperti dulu yakni bansos tidak tepat sasaran terjadi lagi di Indonesia. Untuk itulah di dalam siaran persnya beberapa waktu lalu, Kemensos di tahun 2021 ini meluncurkan link cekbansos.kemensos.go.id.

” Dengan adanya link cekbansos.kemensos.go.id. para penerima bansos bisa mencek namanya, apakah ada atau tidak ada. Jika namanya tidak ada berarti tidak perlu ikut antri di kantor pos. Sehingga kantor pos tidak penuh berjubel seperti sebelumnya,” ucap Tri Rismaharini.

Lantas bagaimana cara menceknya, Tri Rismaharini menjelaskan Masuk ke laman cekbansos.kemensos.go.id. Masukkan Provinsi, Kabupaten, Kecamatan, dan Desa/Kelurahan di kolom yang disediakan.Masukkan nama Penerima Manfaat (PM) sesuai data di KTP.Ketikkan 8 huruf kode captcha yang tertera.Jika kode kurang jelas, klik icon “refresh” untuk mendapatkan kode baru.Klik opsi “CARI DATA”.

” Sistem dalam laman tersebut akan mencari nama PM sesuai dengan wilayah yang diinput, jadi perhatikan dengan baik, pastikan wilayah yang Anda masukkan sudah tepat. Jika Anda adalah salah satu orang yang menjadi penerima bansos, maka nama dan lokasi Anda akan muncul di hasil pencarian,” jelas Risma.

Hadirnya cekbansos.kemensos.go.id. dirasakan manfaatnya oleh Sigit Prawoto salah seorang warga Cipondoh Kota Tangerang. Menurut Sigit, dirinya tidak perlu khawatir seperti dulu apakah mendapatkan bansos atau tidak.

” Jujur dulu setiap bulan saya khawatir sekali apakah nama saya tertera di dalam bansos atau tidak. Sebab saya adalah salah seorang warga yang mengandalkan bansos untuk menyambung hidup saya dikarenakan saya sudah tidak bekerja lagi. Namun sekarang dengan adanya cekbansos.kemensos.go.id. Saya tidak perlu khawatir lagi. Karena setelah dilakukan pencarian nama saya selalu tercantum. Alhamdulillah. Terima Kasih Kemensos,” ujar Sigit.

Abdullah Safei warga Ciledug Kota Tangerang pun merasakan manfaatnya dengan hadirnya cekbansos.kemensos.go.id. Pasalnya setelah namanya tertera di dalam laman tersebut. Undangan yang berasal dari Kemensos langsung datang ke rumahnya. ” Dan pastinya bantuan yang saya terima tidak dipotong alias utuh. Terima kasih Kemensos,” tutup Abdullah Safei.(Hs.Foto.Istimewa)

Related posts