Cepat Kering dan Keriput Coba Hindari 5 makanan dan minuman ini


” Waduh… kulitku kok kering dan keriput begini. Padahal aku sudah rutin perawatan dan menggunakan skincare,. Kenapa ya?,” Ucap Nina kepada temannya.

Tak hanya Nina, hampir sebagian besar wanita pun mengalaminya, sehingga pertanyaan yang diajukan Nina pun juga diajukan mereka.

Menurut pakar kecantikan dr.Ani Sulaksono yang dihubungi melalui medsosnya, hal ini bisa terjadi dikarenakan salah makan dan minum.” Ya ada makanan dan minuman yang harus dihindari karena bisa membuat kulit menjadi dehidrasi,cepat kering dan terlihat keriput,” jelasnya.

Berikut makanan dan minuman yang harus dihindari.

1.Gula
Gula dikenal sebagai pembentuk protein di dalam tubuh. Namun siapa sangka, gula juga menjadi musuh utama bagi kulit sebagian besar wanita di Indonesia. Hal ini bisa terjadi dikarenakan gula memiliki protein untuk membentuk molekul berbahaya yang disebut produk akhir glikasi lanjutan (AGE). Protein yang rentan terhadap kerusakan oleh AGE ini umumnya adalah kolagen dan elastin, yang mengakibatkan munculnya kulit kendur atau keriput.

2.Kopi
Meski dikenal sebagai minuman pencegah Covid-19, kopi jika dikonsumsi terlalu banyak juga menjadi musuh bagi kulit. Menurut Ani, kafein yang terkandung di dalam kopi yang bersifat diuretik dan juga cukup asam dapat mempengaruhi hormon dan tingkat stres dalam tubuh, serta kesehatan gastro.

3.Gorengan
Gorengan memiliki lemak jenuh teroksidasi. Lemak jenuh inilah yang membuat kulit Anda menjadi cepat kering dan keriput. Tidak hanya itu, lemak jenuh juga dapat meningkatkan resiko penyakit jantung dan mempengaruhi sirkulasi darah.

4.Susu
Meskipun dapat menyehatkan tubuh dan meningkatkan imunitas, susu juga dapat membuat kulit cepat kering dan keriput. Menurut Ani, ini bisa terjadi dikarenakan hormon yang terproduksi bersamaan dengan susu yang secara tidak sengaja terminum pada akhirnya bisa memicu jerawat, kelebihan estrogen dan peningkatan lendir dalam tubuh. Kemudian itu bisa jadi masalah seperti peradangan dan proliferasi jenis bakteri berbahaya tertentu. Solusinya adalah pilih susu dari sumber lain seperti kacang yang jauh lebih baik.

5.Alkohol
Kebanyakan minum alkohol ternyata tidak baik bagi pertumbuhan kulit. Kulit menjadi kemerahan, dehidrasi,peradangan, cepat keriput dan kering. Untuk itulah Ani menyarankan agar minum segelas air setelah mengkonsumsi satu gelas alkohol.(Hs.Foto.Istimewa)

 

Related posts