Ciptakan Pemerataan Kesejahteraan, Pemerintah Pusat Bangun JJLS

Jakarta,Gpriority-Jalan Lintas Pantai Selatan (JJLS) DIY merupakan bagian dari proyek besar pembangunan pansela Pulau Jawa yang secara keseluruhan memiliki total panjang 1.602,99 kilometer.

Proyek pansela Pulau Jawa sendiri terbagi di lima provinsi yaitu Banten (175 Km), Jawa Barat (417 Km), Jawa Tengah (211,95 Km), DIY (116,07 Km) dan Jawa Timur (676,82 Km).

Menurut Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) DIY Bambang Sugaib dikutip dari @infogunungkidul mengatakan, JJLS ini merupakan program atau proyek yang diinisiasi pemerintah pusat dan daerah.

“Untuk wilayah Lot 5 khususnya, sudah mencapai progress 15 persen yang diharapkan bisa selesai pada bulan Februari tahun 2022,” ujar Bambang Sugaib.

Lebih lanjut dikatakan Bambang, JJLS ini akan menghubungkan wilayah wilayah di pesisir pantai selatan Pulau Jawa dan ditargetkan dapat meningkatkan daya tarik wisatawan mengenai pantai selatan. Proyek ini juga ditargetkan menekan kesenjangan pertumbuhan perekonomian dengan pantai utara yang lebih maju.

“Proyek ini merupakan pembangunan jangka menengah yang jadi prioritas pemerintah pusat dan sudah dicanangkan sejak tahun 2004. “Untuk menghilangkan kesenjangan antara pantai bagian utara, tengah dan selatan Jawa,” jelas Bambang.

Lebih lanjut dikatakan Bambang, dengan disempurnakannya Pansela, Presiden Jokowi berharap pemerataan kesejahteraan akan tercipta dan akses jalan akan terbuka sehingga membuka peluang untuk kegiatan ekonomi, pemanfaatkan SDA serta potensial objek wisata.(Hs).

Related posts