Cita Rasa Khas Belacan Bangka

Jika bertandang ke Pulau Bangka, rasanya kurang lengkap jika tidak membawa pulang Terasi Bangka. Sebab pulau penghasil timah ini terkenal dengan kualitas terasinya yang nomor satu. Dibuat dari udang rebon segar, terasi Bangka mempunyai ciri aroma tajam dan rasa gurih kuat. Bumbu dapur ini mampu membuat makanan jadi lebih gurih dengan aroma khas menggugah selera.

Terasi memiliki tekstur yang lembut dan berwarna kemerahan. Kemasannya bermacam-macam seperti dibungkus plastik segi empat dan ada juga yang dibungkus bulat dengan balutan daun pisang.

Salah satu daerah penghasil terasi yang terkenal adalah Toboali, Bangka Selatan. Terasi Toboali terbuat dari bahan dasar udang asli dari laut Bangka yang bebas campuran ikan. Tak heran jika rasanya sangat berbeda dari terasi pada umumnya. Bahkan kini Terasi Toboali sudah terkenal hingga ke mancanegara seperti Prancis dan Jepang.

Terasi Toboali atau lebih dikenal oleh warga lokal sebagai belacan ini Teksturnya lembut dan berwarna kemerahan dan aromanya tak begitu menyengat. Itu sebabnya banyak orang menyukai terasi Toboali sebagai bahan campuran sambal atau masakan lainya, seperti tumis kangkung. Tak heran, terasi laris diburu wisatawan untuk dijadikan oleh-oleh. Pastikan kalau ke Bangka jangan lupa membawa pulang terasi. (VIA)

Related posts