Coworking Space Makin Diminati di Masa Pandemi

Pandemi Covid-19 mengharuskan 50 % pekerja melaksanakan tugasnya dari rumah atau istilah kerennya Work From Home (WFH). Hal inilah yang membuat coworking space atau ruang kerja bersama penggunaannya semakin meningkat.

Coworking space adalah sebuah tempat dimana para individu-individu yang memiliki latar belakang pekerjaan ataupun bisnis, bekerja dalam sebuah tempat. Asal dari definisi coworking space itu sendiri adalah berasal dari kata ‘coworking‘ yang bisa diartikan kerja sama atau berkolaborasi.

Menurut Founder Collabox Creative Hub, Linda Soeratman meningkatnya jumlah pekerja yang menggunakan coworking space dikarenakan kurangnya konsentrasi pada saat bekerja dari rumah, ingin menikmati suasana layaknya kantor dan lain sebagainya.

Lebih lanjut dikatakan Linda, budaya coworking sendiri muncul bukan dikarenakan Covid-19, melainkan sebagai bentuk transformasi gaya kerja akibat pesatnya perkembangan teknologi.

“ Saat ini pekerja kantoran sangat jarang bekerja menggunakan PC di meja kerjanya, tapi lebih banyak menggunakan Laptop/netbook.Laptop dinilai lebih flexibel dari segi perawatan, ekonomis dari harganya, dan yang jelas mudah dibawa kemana-mana, namun tetap bisa digunakan untuk berbagai macam kebutuhan kerja.Flexibilitas ini yang kemudian mengubah habit seorang pekerja, dia bisa membawa pekerjaannya kemanapun tanpa harus berada di kantor. Mereka bisa berada di kedai kopi untuk sekedar menyelesaikan laporan setelah meeting dengan rekan kerja diluar, atau menghilangkan kantuk karena terlalu bosan berada di dalam kubikel kantor.Karena berubahnya habit atau gaya kerja tersebut, konsep coworking space kemudian muncul di kota-kota besar salah satunya Jabodetabek,” ucap Linda.

Nah, pastinya Anda ingin tahu coworking space mana saja di Jabodetabek yang bisa digunakan untuk bekerja. Berikut ulasannya.

1.Coworking Space di Stasiun Gambir
Letaknya berada di depan pintu kedatangan. Menurut rilis yang dikirim KAI beberapa waktu yang lalu, coworking space di Stasiun Gambir didirikan untuk pengguna jasa kereta api yang datang lebih cepat sebelum keberangkatan. “ Untuk menggunakannya gratis, namun ada syaratnya, yakni memiliki boarding pas dan telah menginstal aplikasi KAI Akses di Smartphone,” ucap Eva Khairunisa, Humas PT.KAI.

Lebih lanjut dikatakan Eva, “ Jika sudah memiliki dua syarat tersebut, Anda bisa masuk ke dalamnya. Mengenai fasilitas di coworking space ada 2 pasang sofa 1 seat dengan 1 meja, 2 pasang kursi besi, 1 meja berukuran besar, 1 sofa yang cukup panjang, wifi gratis dan air minum putih panas dan dingin yang diberikan secara gratis.”

2. Gowork di FX Sudirman
Coworking space ini terletak di dalam mal fX Sudirman yang berada di pusat kota Jakarta dengan akses super mudah ke restoran, toko, cafe, dan apa saja yang kamu inginkan.

Dengan lokasi dan jarak yang dekat dengan GBK dan Senayan membuat tempat ini favorit bagi para profesional muda yang dinamis. GoWork menyediakan lingkup ruang kerja untuk para wirausahawan, pekerja kreatif, dan profesional yang memberikan kemudahan, gaya dan fasilitas berkelas, dengan biaya yang terjangkau.

3. CoHive di Wilayah Perkantoran Kuningan
Selain mall dan stasiun, coworking space juga bisa Anda temui di wilayah perkantoran, namanya CoHive dan terletak di Kuningan, Jakarta. Mengenai fasilitasnya,CoHive dilengkapi dnegan koneksi internet super cepat, free flow coffe, resepsionis, telepon dan masih banyak yang lainnya. Bagi Anda yang ingin ngemil sambil bekerja bisa memesan makanan dan minuman di ritel-ritel yang letaknya tidak jauh dari coworking space. Nah, untuk menyewa tempat ini, Anda diharuskan untuk membayar Rp.50 ribu per-hari atau Rp.3 Juta per-bulan tergantung dari kapasitas ruang yang dibutuhkan.

4. Workplay di Perumahan Bintaro, Jakarta Selatan
Bagi Anda yang ingin merasakan coworking space di daerah perumahan, bisa mendatangi daerah Bintaro, Jakarta Selatan. Di sana, Anda akan menemukan coworking space yang letaknya di sekitar perumahan. Namanya adalah workplay. Tempat ini terdiri dari tiga lantai. Di lantai dasar ada front office, toilet, dan arena bermain yang nyaman. Di lantai dua ada tempat untuk bekerja yang enggak kalah nyaman dan eye catching. Kita bisa pilih mau bekerja dengan meja-kursi atau kasur dan meja lipat sambil ditemani bantal-bantal empuk. Di lantai ini juga tersedia pojok minuman, Anda bisa bikin kopi maupun teh sendiri, for free. Naik lagi ke lantai tiga, di sinilah meeting room berada. Terdapat tiga meeting room dengan luas ruangan yang berbeda-beda. Semuanya memiliki pendingin ruangan, kursi, meja serta toilet yang bersih banget.(Hs. Foto:Hs)

Related posts