Dampak Corona, Bisnis Rental Mobil Merana


Yogyakarta,gpriority-Adanya wabah virus corona membuat beberapa sektor usaha seperti jasa sewa mobil yang tengah berjalan ikut terasa dampaknya. Salah satunya yang di rasakan Arif pemilik rental mobil Coan Transport Yogyakarta, ia mengaku dampak yang dirasakan selama dua bulan ini sangat fatal, pasalnya rental mobil miliknya bergerak dibidang pariwisata yang mana segmen pasarnya berfokus pada kendaraan wisata.

“Karena untuk di Yogya kita fokus pada kendaraan wisata, sewa mobil plus driver dan lepas kunci, itupun segmen pasar kita wisata, jadi untuk orang2 yang khusus datang ke Yogya. Dua bulan ini karena adanya covid sangat terasa sekali dampaknya hampir 90 persen,” ujar Arif ketika dihubungi Gpriority pada Kamis (30/04/20)

Arif juga mengatakan untuk mobil yang disewakan tersedia 17 unit mobil, yang mana dihari biasa rata-rata mobil yang disewakan yaitu 12 sampai 13 unit, namun selama dua bulan setelah adanya pandemi corona ini per hari mengalami penurunan hampir 95 persen, sekitar 4 sampai 5 mobil saja yang laku disewakan.

Karyawan yang bertugas pun saat ini terpaksa dirumahkan untuk sementara. “Jadi kita menyisakan dua orang saja, dari 9 orang itu 7 orang terpaksa harus kita rumahkan, karena untuk kemampuan pembayaran gaji itu memang sudah sangat berat, disamping pemasukan yang mengalami penurunan 90 sampai 95 persen dari hari-hari biasanya,” tambah Arif.

Hal ini juga berimbas pada pemasukan yang mengalami kemerosotan, karena di Yogyakarta hampir tidak ada pengunjung yang berwisata dan tempat wisata pun ditutup. Agar tempat rentalnya tetap berjalan Arif pun mengubah segmen pasar yang awalnya hanya disewakan untuk wisatawan yang berkunjung ke Yogya, menjadi warga lokal yang membutuhkan transportasi.

Selain itu ada pengurangan unit mobil sekitar 6 sampai 7 unit, karena setiap bulannya hampir semua mobil sewaan miliknya masih ada angsuran, hanya beberapa mobil yang cas atau lunas.

Arif berharap kedepannya agar kondisi yang terjadi saat ini segera membaik dan pemerintah harus lebih tegas lagi dengan kebijakannya, serta kesadaran masyarakat dalam mengahadapi virus corona ini harus ditingkatkan.(Dwi)

Related posts