Desa Wisata Welora Raih Kategori Wisata Baru Terpopuler 2020

Wisata laut Welora, Maluku Barat Daya berhasil meraih juara satu dalam kategori wisata baru terpopuler pada ajang Anugerah Pesona Indonesia 2020, yang berlangsung di Hotel Inaya Bay, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), Jumat (21/5/2021).

Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Bupati Maluku Barat Daya, Benyamin Thomas Noach. Dia mengatakan, penghargaan yang diraih ini merupakan kerja keras masyarakat Pulau Welora dan masyarakat yang berada di Kabupaten MBD. Noach berharap, akan ada lagi lokasi wisata ataupun produk penunjang pariwisata di MBD yang dapat diusulkan menjadi nominasi pada ajang API mendatang.

“Penghargaan ini adalah hasil kerja keras masyarakat Welora secara khusus dan masyarakat MBD secara umum. Pemda MBD hanya membantu mengusulkan ke pihak penyelenggara API 2020. Penghargaan ini dipersembahkan kepada masyarakat MBD,”ujar Noach.

Dia juga menambahkan, Kabupaten MBD memiliki banyak potensi wisata, baik wisata laut, pantai maupun produk penunjangnya. Oleh karena itu, Noach berkeinginan untuk terus mengembangkan potensi pariwisata di Kabupaten Maluku Barat Daya dengan dukungan dari masyarakat.

Welora sendiri merupakan salah satu dari tiga desa kecil yang berada di satu pulau yang bernama Dawera di Kecamatan Dawelor Dawera. Pada tahun 2015, World Wide Fun (WFF) menemukan keindahan alam bawah laut dengn spesies coral yang beraneka ragam, WFF juga mengatakan Desa Welora merupakan spot diving terbaik di Indonesia.

Desa Wisata Welora ini dibangun atas kerjasama dari masyarakat setempat dan pemerintah. Mereka bekerja sams mengembangkan potensi wisata ini. Untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia, Dinas Pariwisata juga melakukan berbagai kegiatan mulai dari English Course and Guiding Technicque, pelatihan mengolah aneka kuliner lokal, pelatihan handicraft batok kelapa, sosialisasi Gerakan Sadar Wisata, Sapta Pesona, Pengelolaan Home Stay, dan Pelatihan Penangkaran budidaya anggrek yang merupakan tanaman endemic pulau ini.

Terdapat beragam fasilitas di tempat wisata ini seperi gazebo, pengadaan rumah payung, kursi santai di pantai INLOY, jalan rabat beton, dan lain-lain. Selain itu pemerintah desa setempat menyediakan jaringan wifi.

Related posts