Dewan Pers Himbau Pemda Pilih Media yang Terdaftar


Jakarta,Gpriority- Verifikasi dari Dewan Pers kepada perusahaan media merupakan satu hal yang penting dan menjadi tanda bahwa media tersebut terpercaya, berbadan hukum, dan memenuhi syarat sebagai media massa resmi.

Tak jarang, media yang belum terverifikasi Dewan Pers masih banyak bekerja sama dengan menjaring iklan atau advertorial kepada sejumlah pemimpin daerah baik di kabupaten/kota dan provinsi.

Terkait hal tersebut, Wakil Ketua Dewan Pers, Hendry Ch Bangun menghimbau kepada pemerintah daerah untuk selektif dan mengutamakan media yang sudah terverifikasi atau mengikuti Peraturan Dewan Pers tentang Standar Perusahaan Pers.

“Dewan Pers hanya bisa mengimbau agar mereka mengutamakan yang sudah terverifikasi atau mengikuti Peraturan Dewan Pers tentang Standar Perusahaan Pers. Tapi kebijakan tergantung situasi yang mereka hadapi,” katanya saat dihubungi, Jum’at (19/11/21).

Meskipun idealnya memilih media yang terverifikasi, namun hingga saat ini Hendry mengaku masih sulit untuk menerapkanya sebab media yang terdaftar di Dewan Pers baru sekitar 2.000 media, dan keputusan pun pastinya ada di tangan mereka yang mengelola APBD.

Henry juga menyebutkan, jika pemda bermitra dengan media yang belum terdaftar ditambah lagi tidak berbadan hukum, tidak ada NPWP, dan operasionalnya hanya sekedar nama, maka akan menimbulkan masalah. Nantinya akan menjadi persoalan yang rumit jika ada pemeriksaan dari BPKP (Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan).

“Jadi, seharusnya Pemda bisa memilih media yang berbadan hukum, yang taat pada peraturan Dewan Pers dan UU Pers, serta badan usaha sesuai aturan dan perundang-undangan yang berlaku,” pungkasnya. (Dw.foto.dok. Dewan Pers)

Related posts