Diskominfo Konawe Berharap Masyarakat Pelosok Bisa Gunakan Internet

Jakarta,GPriority.co.id-Selama 2 hari (3-4 Agustus 2022) Asosiasi Diskominfo Provinsi Seluruh Indonesia (ASKOMPSI) menggelar DTI-CX di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan Jakarta.

Acara sendiri dihadiri oleh Diskominfo Seluruh Indonesia termasuk Sekretaris Dinas Kominfo Kabupaten Konawe, I Gusti Ketut Pinda.

I Gusti Ketut Pinda mengatakan,mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh ASKOMPSI, dan berharap penggunaan internet oleh masyarakat bisa sampai ke pelosok Konawe.

“Pada prinsipnya kegiatan ASKOMPSI pada acara Digital Transformation Indonesia conference and exhibition menyarankan kepada masyarakat untuk meningkatkan penggunaan Internet dalam berbagai bentuk kegikatan, khususnya menyangkut data, supaya bisa terintegrasi, sehingga memudahkan bagi pemangku kepentingan untuk mendapatkan data. Tugas pemerintah baik pusat maupun daerah yaitu menyiapkan infrastruktur dan mengimbau kepada masyarakat sampai ke pelosok untuk menggunakan Internet,” ujarnya.

Ketua Askompsi Sudarman, yang juga merupakan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memberikan pemaparan dengan tema Pemerataan Pembangunan Infrastruktur Digital di Wilayah 3T (Terdepan, Terluar, dan Tertinggal), dalam mendukung inklusi digital bagi masyarakat Indonesia.

Dijelaskan Sudarman, saat ini kebutuhan akan informasi, komunikasi dan internet menjadi hal yang sangat mendasar di segala bidang. Kebutuhan tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor pendorong, seperti transformasi manusia sebagai mahkluk sosial ke dunia maya (Homo Cyber), kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, mulainya peradaban revolusi industri 4.0 dan society 5.0, adanya pandemi Covid-19, daya saing dan meningkatnya layanan publik seperti maraknya belanja online.

“Saat ini jumlah penduduk Indonesia yang terkoneksi internet sebesar 210.026.769 dari populasi 272.682.600 jiwa. Dan tingkat penetrasi internet di Indonesia telah mencapai 77,02 persen,” tutupnya.(Hs.Foto.dok.Konawe)

Related posts