Pasar Tani Kendari Sudah Non Tunai

Kendari,GPriority.co.id-Digitalisasi kini merambah seluruh Indonesia termasuk Kota Kendari.

Untuk itu, guna mendorong pengembangan UMKM secara end to end di berbagai level, salah satunya melalui inisiasi program digitalisasi pasar. Pemerintah Kota Kendari bekerjasama dengan Bank Indonesia resmi melaunching Pasar Sehat, Inovatif dan Aman Pakai (SIAP) QRIS di Pasar Tani Kota Kendari.

Acara yang dipusatkan di Halaman Kantor Dinas Pertanian Kota Kendari ini diresmikan secara langsung oleh Wali Kota Kendari H. Sulkarnain Kadir. Kamis (4/8/2022).

Pemkot Kendari sebelumnya telah melakukan launching pembayaran non tunai atau QRIS untuk enam pasar tradisional di Kota Kendari, kini giliran Pasar Tani yang telah dibentuk oleh pemkot sejak tahun 2019. Kini mendapatkan giliran mencicipi Qris untuk kemudahan bertransaksi.

Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir mengatakan Pasar Tani yang sudah dibangun sejak tahun 2019 ini, mampu mewadahi petani di Kota Kendari dan mampu bertahan sejak Pandemi COVID 19.

Pasar Tani yang juga dibentuk oleh masyarakat ini, dengan memanfaatkan lahan pekarangan.

“Kita berharap ini bisa menjadi contoh, bisa menginspirasi ibu-ibu yang lain. Nanti bisa berkelompok,” ujar Sulkarnain Kadir.

Melalui dinas terkait, Walikota Kendari akan mewadahi komunitas yang memiliki lahan pertanian. selain itu, melalui Bank Indonesia sistem pembayaran makin dipermudah.

“Kita akan dampingi para petani, kemudian problem-problem yang sering muncul, kesulitan ketika panen, bagaimana nanti bisa diserap oleh konsumen. Ini nanti akan coba kita solusikan,” tutup Wali Kota.(Hs.Foto.dok.Kendari)

Related posts