Drs. Yusman Mahbub M.SI: Morowali Masuk 4 Besar Pertumbuhan Ekonomi Nasional

Jakarta,Gpriority- Ditemui di sela-sela acara pelatihan PTSP dan Penanaman Modal baik tingkat dasar maupun lanjutan di Hotel Ciputra, Jakarta Barat pada 17 November 2021, Drs. Yusman Mahbub M.SI mengatakan banyak hal kepada Gpriority (GP). Berikut kutipan wawancaranya.

GP: Apa yang melatarbelakangi DPMPTSP Morowali menggelar pelatihan ini?
Yusman: Dikarenakan SDM DPMPTSP harus memiliki sertifikasi. Untuk mendapatkan sertifikasi, DPMPTSP Morowali bekerjasama dengan Pusdiklat BKPM/ Kementerian Investasi mengadakan pelatihan ini.

Berdasarkan temuan dari Ombudsman, BPK dan tim Pemeriksa dari BPKM belum memenuhi syarat dari sisi SDM-nya. Untuk itulah digelar pelatihan ini.

PTSP kami jauh lebih maju dibandingkan lainnya di Sulawesi Tengah, hanya yang kurang sertifikasi, Insya Allah dengan adanya pelatihan ini bisa melengkapi kekurangan yang ada.

GP: Jumlah Peserta yang mengikuti pelatihan:
Yusman: Ada 18, 10 hadir langsung di Hotel Ciputra dan sisanya secara daring online. Ke-18 orang tersebut dibagi menjadi dua kelas. Yang pertama kelas tingkat dasar dan lanjutan.

GP.Untuk Pembicaranya?
Yusman: Dari balai pelatihan BKPM/Kementerian Investasi.

GP: Selain SDM, langkah apa lagi yang akan bapak lakukan?
Yusman: Untuk kelembagaan sudah ok sebagaimana peraturan Menteri Investasi dan Morowali. Untuk regulasi, semuanya sudah disesuaikan apalagi kemarin UU Cipta Kerja menurunkan 50 PP yang didalamnya menjadikan DPMPTSP sebagai ujung tombak sesuai regulasi.

Terkait dengan infrastruktur, ada beberapa memang yang belum memenuhi syarat. Tapi insya Allah di tahun 2022 bisa sempurna.

GP: Terkait kendala yang dihadapi oleh DPMPTSP Morowali?
Yusman: Dari masyarakat di dalam memanfaatkan sistem aplikasi dari perizinan. Yang kedua adalah jaringan listrik dan internet yang belum memadai. Padahal sebagai kawasan Industri ini harus betul-betul menjadi perhatian negara.

Pak Bupati cepat tanggap mengenai ini dan sudah mendapatkan solusinya, sehingga di tahun 2022 pelaksanaan PMPTSP di Morowali bisa berjalan dengan maksimal.

GP: Untuk program ke depannya?
Yusman: Untuk mendukung kawasan industri maka DPMPTSP akan mendorong UMKM untuk berkolaborasi dalam rangka mendukung pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Morowali.

Morowali adalah daerah yang paling tinggi pertumbuhan ekonomi dan terbesar ke-4 secara nasional di bidang pertambangan.

Untuk itulah sektor industri lainnya seperti UMKM akan terus kita dorong dengan menjalin pola kemitraan dengan perusahaan besar, sehingga sinergi ini bisa meningkatkan perekonomian di Morowali.(Hs.Foto.Hs)

 

 

Related posts