Dubes Arab Saudi Bicara Status Haji Indonesia

Jakarta,Gpriority-Guna meluruskan pemberitaan pembatalan Haji 2021 yang dilakukan oleh Kementerian Agama beberapa waktu yang lalu, Duta Besar Kerajaan Saudi Arabia untuk Indonesia Syekh Essam bin Abed Al-Thaqafi bersama rombongan pada Selasa (8/6/2021) mendatangi kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Kedatangan Syekh Essam bin Abed Al-Thaqafi disambut hangat oleh Ketua Umum MUI KH. Miftakhul Akhyar bersama pengurus lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, Syekh Essam bin Abed Al-Thaqafi dikutip dari laman resmi MUI, Selasa (8/6/2021) menjelaskan bahwa pembatalan haji itu sama sekali tidak terkait dengan hubungan Indonesia dan Saudi yang kurang baik seperti yang disebutkan banyak orang di media sosial dan media massa.

“Masalah pembatalan keberangkatan jemaah haji Indonesia tidak ada kaitannya dengan hubungan baik yang sudah terjalin antara Saudi dan Indonesia. Tidak ada pula hubungannya dengan penggunaan merek vaksin tertentu dan produsen tertentu seperti yang selama ini berkembang di media,” ujar Syekh Essam.

Menurut Syekh Essam pembatalan ibadah haji murni karena masih adanya Covid-19 di seluruh dunia termasuk Arab Saudi.” Jadi apa yang dikatakan Menag Yaqut terkait pembatalan haji 2021 itu tidak salah, karena memang di Saudi, jumlah kasus Covid-19 juga agak meninggi,” jelas Syekh Essam.

Terkait dengan berita yang beredar bahwa ada beberapa negara termasuk Amerika Serikat dan Malaysia yang diizinkan jamaahnya untuk berangkat haji, Syekh Essam menjelaskan itu berita bohong. Karena hingga saat ini pemerintah kerajaan Arab Saudi belum mengirim satu pun undangan ke negara lainnya termasuk Indonesia.(Hs)

 

 

Related posts