Dukcapil Go Digital, Urusan Sulit Jadi Mudah

Jakarta,GPRiority.co.id-Ditemui saat meninjau stand Dukcapil di acara Apkasi Otonomi Expo (AOE) 2022, Dirjen Dukcapil Prof Zudan Arif Fakrulloh mengatakan bahwa sejak 2019,Dinas Kependudukan dan catatan sipil (Dukcapil) Go Digital.

” Dukcapil Go Digital adalah semangat memindahkan dokumen kependudukan ke data digital. KK Digital, KTP Digital, Akte lahir digital. Nah ini semua diawali dengan merubah tanda tangan basah dan cap dengan qr code. Dengan adanya tanda tangan basah dan cap, maka dukcapil bisa bekerja di manapun,” ucap Zudan.

Sukses dengan digital, Dukcapil kemudian memindahkan KTP,KK dan akte ke dalam hp. Dan itu sudah dibuat disini. ” Dengan adanya KTP,KK dan akte digital, penduduk tidak perlu susah lagi datang ke kelurahan ketika KTP hilang,” jelas Zudan.

Zudan juga mengatakan untuk membuat KTP,KK dan akte digital prosesnya sangat mudah yang pertama harus ke dukcapil untuk memastikan bahwa orangnya benar. Namun setelah itu tidak perlu lagi.

Selain dukcapil digital, konvensial masih dipertahankan. Tujuannya agar yang tidak memiliki smartphone bisa tetap mempunyai KTP,KK dan akte.(Hs.Foto.Hs)

Related posts