Dukung Nelayan Maju, Kementerian BUMN Ekspor Perdana Gurita ke AS

Jakarta,Gpriority-Guna mengangkat kualitas hidup nelayan melalui distribusi penjualan hasil perikanan, Kementerian BUMN melalui PT.Perikanan Nusantara Persero (Perinus) melakukan ekspor perdana gurita ke Amerika Serikat.

“ Ekspor sendiri sesuai dengan arahan Menteri BUMN Erick Thohir terkait dengan ketahanan pangan di sektor perikanan,” jelas Direktur Utama Perinus Sigit Muhartono dalam siaran persnya melalui laman resmi BUMN pada Sabtu (25/9/2021).

Direktur Utama Perinus Sigit Muhartono mengatakan, ekspor perdana ke Amerika Serikat dilakukan dengan pre order atau PO tahap awal sebanyak 132 ton atau sekitar Rp 13 miliar. Sebelumnya, Perinus juga  melakukan ekspor produk gurita steam dan whole frozen ke Jepang.

Perinus mengatakan, upaya ekspor gurita dilakukan sebagai komitmen perusahaan dalam memperkuat sektor perikanan nasional. Itu termasuk dengan peningkatan produktivitas, ekspor, serta pengembangan produk-produk perikanan bernilai tambah dan berkualitas. Dia juga menambahkan, ekspor perdana gurita ke Negeri Paman Sam menjadi awal baik untuk membuka peluang ekspor komoditas perikanan lainnya ke negara tersebut.

“Kegiatan ekspor di sektor perikanan merupakan salah satu penyumbang devisa negara, oleh karenanya perikanan menjadi salah satu lini bisnis BUMN klaster pangan yang sangat strategis,” ujar Perinus.

Plt Gubernur Sulawesi Selatan,Andi Sudirman Sulaiman menyambut baik adanya ekspor perikanan terutama gurita. Untuk itulah di dalam kesempatan yang sama, Andi mengatakan akan mendukung upaya pemerintah dengan mendorong sektor perikanan.” Sulawesi Selatan dikenal sebagai daerah penghasil ikan. Untuk itulah kami akan terus mendorong sektor perikanan menjadi komoditi ekspor sehingga perekonomian Indonesia dan juga Sulawesi Selatan menjadi terus meningkat,” tutup Andi.(Hs.Foto.Humas BUMN)


Related posts