Erick Thohir: Pengembangan Human Capital Prioritas BUMN

Jakarta,Gpriority- Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir menyatakan Kementerian BUMN mendukung realisasi transformasi human capital mengingat Indonesia sedang memasuki momentum bonus demografi.

Hal tersebut Ia katakan saat membuka acara The 3rd Indonesia Human Capital Summit (IHCS) 2021, di Jakarta, Senin (16/11/21). Menurutnya bonus demografi akan terjadi luar biasa di Indonesia, pada 2020 – 2030 usia angkatan kerja di Indonesia akan mencapai 70% dari total populasi.

“Kepemimpinan adalah tentang memastikan terjadinya kontinuitas dengan melanjutkan program-program kerja yang baik dari pemimpin sebelumnya. Kepemimpinan muda menjadi fondasi yang harus didorong, dan kita punya tanggung jawab moral agar mentorship tetap terjadi. Transformasi human capital menjadi hal yang penting dan Kementerian BUMN memberi FHCI untuk ambil bagian dari transformasi ini melalui berbagai program up-skilling dan re-skilling,” ujarnya.

Pengembangan human capital dan inovasi model bisnis menjadi prioritas utama Kementerian BUMN untuk menjawab tantangan masa depan. Hal ini dilakukan untuk menghadapi disrupsi digital yang terjadi saat ini. Menurutnya disrupsi digital akan mengubah tren pekerjaan.

“Saya challenge FHCI untuk membuat peta jalan terkait pekerjaan-pekerjaan mana yang ada di perusahaan BUMN yang ke depannya akan hilang. Mudah-mudahan kita bisa memberikan sumbangsih kepada negara. Kalau kita bisa memetakan hal tersebut, ini akan sangat membantu reshaping kita sebagai korporasi dan sebagai negara,” ujarnya.

Ia menambahkan bahwa disrupsi juga membawa hal positif. Ada pekerjaan yang berubah atau hilang, tetapi juga ada banyak pekerjaan-pekerjaan baru. Ia mendorong direksi BUMN untuk memastikan program kerja dan bisnis BUMN terus berjalan. (Dw.foto.dok.Humas FHCI)

Related posts