Evaluasi Dana Covid-19

Jakarta,gpriority-Selasa (12/5) BNPB bersama Komisi VIII DPR RI melakukan rapat secara virtual terkait evaluasi dan penanganan Covid-19 termasuk anggaran yang sudah digunakan.

Sekretaris utama BNPB, Harmensyah mengatakan, BNPB telah menerima dana hibah dan donasi baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Dengan total dana yang sudah diterima 220 milyar rupiah dan sudah digunakan sebesar 21 milyar rupiah lebih untuk pembelian PCR dan santunan kematian untuk tenaga medis.

Untuk tambahan dana siap pakai Covid-19, Harmensyah menjelaskan, BNPB mendapatkan alokasi sebesar 3,2 triliun lebih dan tahap pertama ini sudah didistribusikan terhadap penerima dana siap pakai di Kemenkes TNI dan lain-lain.

“Untuk tahap kedua sedang dalam proses kelengkapan, ” ucap Harmensyah.

Harmensyah juga mengatakan, BNPB telah melakukan pengadaan operasional penanganan darurat Covid-19. ” Ada pun rinciannya sebagai berikut 780 milyar rupiah untuk pembelian APD kemudian pembelian PCR sebesar 43,5 milyar rupiah hingga direktorat fasilitas kesehatan sebesar 189 milyar rupiah, yang semuanya sudah disalurkan untuk fasilitas kesehatan, karantina, observasi dan alat pengadaan kesehatan di rumah sakit rujukan,” tutup Harmensyah.(Hs)

Related posts